Perayaan HUT RI ke-79 di IKN Jadi Sejarah Baru Menuju Indonesia Maju

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Tangkapan Layar - Upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Tangkapan Layar - Upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jakarta, MI - Keberhasilan pemerintah dalam menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan sejarah baru bagi masa depan Indonesia. 

Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjukkan keberanian dan political Will yang hebat dengan memindahkan Ibu Kota dari yang semula di Jakarta kini berpindah ke IKN. 

"Presiden Jokowi telah mencatat sejarah baru membuktikan sebuah maha karya anak bangsa yang mampu menciptakan ibu kota negaranya sendiri demi tujuan visi Indonesia Maju 2045," kata Biran kepada Monitorindonesia.com Sabtu (17/8/2024). 

Kata Biran, Istana Merdeka dan Istana Negara di Jakarta adalah sejarah Indonesia Merdeka dan warisan bangunan kolonial yang akan menjadi pembelajaran masa lalu. 

"Tapi IKN adalah sejarah Indonesia Maju, maha karya anak bangsa dan itu adalah pembelajaran dan komitmen masa depan, negara yang menengadah kedepan, sembari dengan bangga mengatakan, "Kami bangsa besar, bangsa pejuang, kami berhak menjadi negara maju, kami berhak menentukan nasib kami sendiri tanpa intervensi dari pihak manapun termasuk negara adidaya," ujarnya. 

Biran menilai, Indonesia saat ini telah berhasil membuka mata dunia bahwa negara ini benar-benar serius ingin menjadi negara maju di tahun 2045.

"HUT RI ke 79 di IKN adalah sebuah deklarasi dan demonstrasi politik dari Presiden Jokowi untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa Indonesia serius dan berkomitmen menjadi negara maju di satu sisi," ujarnya. 

"Dan disisi lain sedang membangun kebanggaan dan rasa percaya diri sebagai sebuah bangsa bahwa Indonesia berhak dan layak menjadi negara maju, berhak mewujudkan semua tujuan bernegara," tambahnya.