Ragam Fitur WhatsApp Ekspresikan Diri degan Lebih Banyak Stiker

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 15 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Aplikasi WhatsApp. (Foto: Dok MI/Nuramin)
Aplikasi WhatsApp. (Foto: Dok MI/Nuramin)

Jakarta, MI - WhatsApp membagikan kiat untuk para penggunanya yang hobi menggunakan stiker untuk mengekspresikan diri dalam kolom obrolan yang terbatas.

Dengan penggunaan stiker tidak jarang orang bisa memperlihatkan personalitasnya dan perasaannya di dalam percakapan dengan lawan bicara. Maka dari itu kali ini mereka mengenalkan kembali beragam fitur untuk mengekspresikan diri lewat stiker bagi para penggunanya.

"Terkadang, stiker dapat menyampaikan emosi dan suasana hati dengan lebih baik daripada kata-kata, dan hari ini, kami menambahkan cara baru bagi Anda untuk mempersonalisasi dan menikmati stiker," ucap pernyataan WhatsApp dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp memperbanyak koleksi stikernya.

Stiker Chat WhatsApp

Ilustrasi - penggunaan Stiker untuk mengekpresikan diri di WhatsApp

Stiker GIPHY baru dan dapat dicari

WhatsApp telah bermitra dengan GIPHY untuk menghadirkan beragam koleksi stiker mereka langsung ke WhatsApp.

Integrasi ini memungkinkan Anda menemukan dan berbagi stiker yang relevan dan menarik, tanpa harus keluar dari aplikasi. Untuk mengakses stiker ini, cukup ketuk ikon stiker dan cari menggunakan teks atau emoji.

Pembuat Stiker Khusus kini tersedia di Android

Khusus untuk pengguna Android, saat ini WhatsApp telah menyediakan fitur pembuat stiker agar pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, dan membagikan stiker buatan sendiri.

Ubah foto atau gambar yang pengguna inginkan menjadi stiker yang dipersonalisasi, atau sesuaikan stiker yang sudah ada menggunakan fitur pengeditan seperti potong, teks, dan gambar.

Setelah dibuat, stiker secara otomatis disimpan dalam baki stiker agar mudah diakses sehingga pengguna dapat berbagi dengan keluarga dan teman. Pengguna iOS juga terlihat menyukai fitur ini dalam uji cobanya, WhatsApp bersiap untuk memperluasnya bagi semua pengguna iOS.

Stiker AI

Jika belum dapat menemukan stiker yang tepat, ingatlah bahwa pengguna juga dapat menggunakan Meta AI untuk membuat stiker khusus.

Saat ini, pembuatan stiker AI tersedia di iPhone dan Android di Amerika Serikat. Beberapa pengguna Android yang sudah mendapatkan pembaruan terbaru seharusnya juga dapat mencoba membuat stiker AI dalam bahasa Spanyol dan Indonesia.

Namun fitur ini nampaknya dirilis bertahap sehingga bagi yang belum menemukannya harus bersabar ya.

Pengaturan Stiker

Pengguna juga sekarang bisa dengan mudah menemukan paket stiker baru dari WhatsApp dengan mempratinjaunya dalam baki stiker di bawah stiker yang sudah diunduh. Untuk mengatur baki stiker, pengguna juga dapat mengetuk dan menahan stiker untuk memindahkannya ke atas atau menghapusnya untuk kemudahan akses.

Berita Terkait