Tak Turun Gunung Kampanye Pilpres, Ganjar Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 Februari 2024 21:30 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo [Foto:  YT/@PDI Perjuangan]
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo [Foto: YT/@PDI Perjuangan]

Semarang, MI - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menutup masa kampanye dengan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena tidak turun langsung melaksanakan kampanye Pilpres 2024. 

Seperti diketahui, belakangan ini Jokowi kerap dikaitkan mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Terima kasih pak Jokowi karena sampai dengan titik terakhir beliau tidak memgambil kesempatan itu," kata Ganjar kepada wartawan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).

Tak lupa, Ganjar juga berterima kasih kepada masyarakat sipil hingga sivitas akademi, yang sudah menyerukkan pentingnya menegakkan demokrasi. Ia menyebut munculnya gerakan itu, pertanda Indonesia masih mampu mendengar.

"Terima kasih juga kepada civil sosiety kampus yang sudah mengingatkan artinya kita masih bisa mendengarkan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa dirinya tidak akan ikut berkampanye, mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di sisa masa kampanye Pemilu 2024.

"Yang bilang siapa ? Jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak, saya tidak akan berkampanye," kata Jokowi di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7//2).

Jokowi kembali menegaskan, bahwa apa yang disampaikan beberapa waktu lalu tentang Presiden boleh berkampanye, adalah menyampaikan ketentuan undang-undang.

"Ini saya ingin tegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa Presiden memang diperbolehkan untuk berkampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya," ujarnya.