Blok Medan Seret Nama Putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan Suaminya Bobby Nasution, Mahfud: Jangan Takut, kan Malah Gagah Dipanggil KPK

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Mahfud Md (Foto: Dok MI)
Mahfud Md (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution sedang menjadi sorotan setelah namanya terseret dalam korupsi eks Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK). 

Fakta adanya dugaan keterlibatan Bobby dan Kahiyang di kasus korupsi Abdul Gani lewat kode 'Blok Medan' yang terungkap di persidangan.  

Mencuatnya nama Bobby dan Kahiyang pun turut membuat eks Menko Polhukam, Mahfud MD angkat bicara. Mahfud sendiri meminta Bobby yang kini maju di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024 tidak takut jika nantinya dipanggil oleh KPK.

Di sisi lain, Mahfud juga meminta KPK agar segera memanggil putri dan menantu Jokowi itu setelah namanya disebut-sebut di sidang kasus korupsi Abdul Gani Kasuba. Sarannya kepada KPK untuk segera meminta keterangan Bobby dan Kahiyang supaya tidak ada kesan pandang bulu terhadapan penegakan hukum.

"Menurut saya, kalau ingin menegakkan hukum dengan benar, menghilangkan kesan tidak pandang bulu, seharusnya (Bobby Nasution) dipanggil paling tidak, kan Anda disebut, kan gitu, 'Blok Medan' itu ini katanya, gitu," kata Mahfud, Kamis (8/8/2024).

Terkait sarannya itu, Mahfud juga sempat mencontohkan ketika dirinya diperiksa terkait kasus yang pernah ditangani oleh KPK. Menurutnya, pemeriksaan itu juga bisa menunjukan apakah orang yang dipanggil KPK terlibat atau tidak dalam kasus korupsi.

"Kalau tidak, ya tidak usah takut, tidak apa-apa, kan malah gagah orang datang dipanggil. Dulu saya minta diperiksa tuh dulu oleh KPK yang kasus Kota Waringin Barat, kan ada demo di sana katanya hakim MK mendapat sekian, Pak Mahfud sekian, ada di media, saya datang ke KPK nih saya minta diperiksa," bebernya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu bercerita jika pemeriksaannya di KPK itu setelah dirinya difitnah menerima duit Rp4 miliar lewat seorang kyai di Cirebon. Tak hanya di KPK, Mahfud MD juga mengaku pernah diperiksa oleh Bareskrim Polri perihal kasus tersebut.

"Sekarang itu pejabat begitu dong minta diperiksa kenapa sih, tidak usah rumit-rumit kalau memang bersih, daripada gosipnya berkembang, saya dulu datang ketuanya Pak Busyro, Pak Hatorangan, dipilih kan, diberi tanda terima Pak Mahfud menyampaikan laporan dirinya difitnah, ditulis gitu saya bilang tolong ditambah satu, dan minta diperiksa, saya bilang, diperbaiki ini tanda terimanya, minta diperiksa," ungkapnya.

Terkait agenda pemberantasan korupsi, Mahfud turut menyebut adanya proses seleksi calon pimpinan KPK dan calon dewan pengawas KPK bisa menjadi momentum baik buat lembaga antirasuah untuk 'bersih-bersih'.

"Itu kalau ingin memperbaiki, tapi itu tidak akan ada gunanya yang dua ini kalau nanti Presidennya tidak punya komitmen untuk mengembalikan maruah KPK," katanya.