2 Terduga Teroris di Jakbar Sempat Rakit Bom Bunuh Diri

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI- Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua orang teroris berinisial RJ dan AM di wilayah Jakarta Barat, Selasa (6/8/2024). Sebelum ditangkap, kedua teroris tersebut telah merakit bom bunuh diri.

"Berdasarkan penyidikan yang dilakukan kita ketahui dua orang ini telah merakit pula bahan peledak yang sudah diamankan penyidik Densus 88, namun hal ini patut menjadi perhatian kita kembali bahwa kedua orang ini tidak dalam jaringan teror yang aktif," kata Jubir Densus 88 Kombes Aswin Siregar, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Dijelaskan Aswin, bahan peledak yang dirakit tersebut akan digunakan untuk bom bunuh diri. Namun, dia belum berbicara lebih jauh mengenai hal tersebut.

"Betul. Memang akan dirakit untuk menjadi bahan peledak. Tapi kita belum sampai pada kesimpulan bahwa akan digunakan sendiri atau mencari pengantin orang lain," ujarnya.

Adapun dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan senjata api jenis airsoft gun, bendera ISIS dan bahan peledak.

"Barang bukti yang berhasil kita amankan satu unit senjata airsoft gun, kemudian bendara ISIS, beberapa jaket atau pakaian seragam ISIS, beberapa buah pisau lipat kemudian ada bahan peledak, bahan kimianya bahan peledak, satu unit gadget atau hp dan beberapa senjata tajam lainnya," tandasnya.