8 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Umum

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 April 2024 07:44 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Mudik Lebaran adalah momen istimewa dinantikan banyak orang, untuk bersatu kembali dengan keluarga di kampung halaman.

Namun, untuk memastikan perjalanan lancar dan nyaman, ada beberapa kiat atau petunjuk praktis, yang perlu diperhatikan saat menggunakan transportasi umum. 

1. Tentukan Waktu Keberangkatan

Tentukan waktu keberangkatan dengan merencanakan keberangkatan dengan baik. Pilih waktu yang tidak terlalu padat untuk menghindari kemacetan dan kerumunan.

2. Pesan Tiket dari Jauh-jauh Hari

Pesanlah tiket sejak jauh-jauh hari untuk menghindari kesulitan mendapatkan tiket sebelum tanggal keberangkatan. Ini akan membantu Anda mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

3. Perhatikan Barang Bawaan

Bawalah barang bawaan sesedikit mungkin untuk memudahkan mobilitas Anda selama perjalanan. Hindari membawa barang yang tidak perlu.

4. Cek Lagi Barang Penting

Pastikan Anda membawa semua barang penting seperti identitas, uang, dan dokumen perjalanan dengan Anda. Periksa kembali sebelum berangkat.

5. Datang Tepat Waktu

Datanglah ke terminal atau stasiun dengan waktu yang cukup untuk proses check-in dan persiapan lainnya. Ini akan membantu menghindari keterlambatan.