Menparekraf Siap Hadiri Sidang Kabinet Perdana di IKN

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 Juli 2024 10 jam yang lalu
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: MI/Dhanis)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan siap berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menghadiri sidang kabinet perdana dalam beberapa minggu ke depan. 

Kendati begitu, dirinya masih menunggu jadwal terbaru dari Presiden (Joko Widodo) Jokowi untuk ke IKN. Namun, dia menegaskan jika pada 28 Juli Presiden ke IKN, maka dirinya juga siap ke IKN Nusantara.

"Kami siap untuk sidang kabinet pertama di IKN yang rencananya akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan," ujar Sandiaga di Jakarta, pada Jumat (26/7/2024) malam.

Meski begitu, dia tidak menyebutkan apakah sidang kabinet tersebut dilaksanakan sebelum pelaksanaan HUT Ke-79 RI atau sesudahnya. Tetapi Sandiaga mengatakan sidang tersebut tidak akan mengganggu proses yang ada di IKN termasuk persiapan HUT RI.

"Kita tunggu, karena bisa sebelumnya (HUT Ke-79 RI) karena saya mendengar arahan dari Bapak Presiden disiapkan dengan baik. Tapi dipastikan bahwa prosesnya ini tidak mengganggu kegiatan yang sekarang sedang dirampungkan di IKN untuk upacara tanggal 17 Agustus," ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan mulai berkantor di IKN pada 28 Juli 2024.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau (IKN). Kami bersama (Kementerian PUPR) dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk Bapak Presiden berkantor di IKN," kata Kepala Setpres RI Heru Budi Hartono, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/7).

Heru memaparkan pihak Istana berkoordinasi dengan Kementerian PUPR masih terus mempersiapkan kelengkapan sarana prasarana untuk Kantor Presiden di IKN, termasuk mengisi kebutuhan furniturnya.

"(Pengadaan) meja, furnitur, lampu, kursi semuanya sedang berjalan," ujarnya.

Namun, dia tidak menjelaskan apakah Presiden Jokowi akan seterusnya berkantor di IKN atau akan bolak-balik ke Jakarta, dalam menjalankan roda Pemerintahan Indonesia.

Selain menyiapkan Kantor Presiden, kata dia, Setpres juga terus mematangkan semua persiapan menjelang peringatan HUT Ke-79 RI yang rencananya akan diselenggarakan dia dua lokasi yaitu IKN dan Jakarta.