PKB Pesimis Sandiaga Uno dan Ilham Habibie Bisa Menang di Pilgub Jabar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Juli 2024 15:56 WIB
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Putra Presiden Ke-3 RI B. J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, dalam bursa Pilkada Jabar tidak memiliki prospek yang bagus.

"Kelihatannya ini (Sandiaga) prospek-nya kurang bagus," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, kemarin. 

Menurutnya, hal itu terbukti dari hasil survei dari kedua nama tersebut yang tidak mengalami trend kenaikan. 

"Dari pengamatan dan survei juga tidak, lambat sekali kenaikannya (Ilham Habibie)," kata dia melanjutkan.

Selain itu, kata dia, ada dua nama kader PKB yang memiliki prospek bagus untuk dicalonkan di Pilgub Jabar, namun hal itu masih terkendala dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Masalahnya, ini sekarang kader yang terpilih menjadi anggota DPR RI itu harus mundur, maka saya berharap kepada KPU tolonglah diubah PKPU-nya. Itu mundur pada periode yang mana? Kalau mundur pada periode 2019-2024, oke mundur," ujarnya. 

Ia menjelaskan bahwa bila PKPU tersebut tidak mengatur calon anggota legislatif (caleg) terpilih untuk mundur, maka sejumlah kader bisa dipersiapkan.

"Kalau itu tidak (ada, red.), ada Huda (Syaiful Huda), ada Cucun (Cucun Ahmad Syamsurijal), banyak di Jawa Barat yang mungkin bisa running dalam satu bulan. Saya yakin elektoral-nya akan mengejar dengan yang lain," pungkasnya.