Jelang HUT ke-79 RI, Begini Suasana Lapangan Istana IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Agustus 2024 9 jam yang lalu
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Foto: ANTARA)
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Foto: ANTARA)

IKN, MI - Lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, tampil memukau menjelang peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Sabtu (17/8/2024) pagi, meski dibayangi awan mendung.

Pada peringatan perdana HUT Ke-79 RI di IKN ini, Lapangan Istana Negara IKN seluas 14.250 meter persegi tampak megah, dan penuh dengan nuansa kebangsaan. Upacara berlangsung di lapangan terbuka, yang dihiasi dengan berbagai ornamen kemerdekaan.

Lapangan upacara berbentuk persegi Panjang, dengan kapasitas sekitar 1.500 hingga 1.800 tamu itu, telah terpasang podium yang dipersiapkan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat berperan sebagai inspektur upacara mulai pukul 11.00 WITA.

Pada bagian tengah lapangan, tersedia tiang bendera setinggi 17 meter dengan diameter 1,5 meter, yang menjadi lokasi pengerekan Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka Nasional 2024.

Tepat di belakang podium, tampak panggung kehormatan yang diisi oleh para tamu VVIP dari kalangan pejabat tinggi negara hingga duta besar perwakilan negara sahabat.

Tamu VVIP, termasuk Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto, memperoleh kursi duduk di barisan tengah paling depan.

Panggung ini dipasang khusus untuk upacara, dengan berlatar ornamen Burung Garuda Raksasa Istana Garuda IKN, yang mencerminkan kemegahan kompleks Istana Kepresidenan.

Di sisi kiri dan kanan lapangan terdapat dua area khusus yang diperuntukkan bagi tamu VIP dan kepala lembaga.

Plaza Seremoni berkapasitas sekitar 1.000 tamu, difungsikan sebagai area tamu undangan lainnya, seperti tokoh masyarakat dan perwakilan dari berbagai organisasi. 

Mereka ditempatkan dalam barisan yang rapi dan teratur, dengan jarak yang cukup untuk memastikan semua dapat mengikuti jalannya upacara dengan pandangan yang jelas.

Pada bagian sisi belakang lapangan terpasang dua layar LED berukuran besar, untuk siaran langsung upacara secara hibrid di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta.

Pengamanan ketat di sekitar area upacara dilakukan oleh Paspamres, di setiap sudut lapangan, memastikan kelancaran dan keamanan acara yang berlangsung dengan penuh rasa hormat dan kebanggaan nasional.

Selain infrastruktur, persiapan pengamanan juga mulai dilakukan dengan adanya pengerahan sekitar 2.000 prajurit TNI, dan anggota Polri di ring 2 dan 3 kawasan IKN. 

Mereka juga bertugas menjaga keamanan di darat, laut, dan udara untuk memastikan kelancaran acara HUT RI di IKN.