Langkah Nyata Tingkatkan UMKM Tidore, Dana Rp 1,7 Miliar Disalurkan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 26 Juli 2024 13 jam yang lalu
Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim memberikan bantuan kepada pelaku UMKM (Foto: Humas Pemkot Tidore)
Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim memberikan bantuan kepada pelaku UMKM (Foto: Humas Pemkot Tidore)

Tidore, MI – Pada Jumat (26/7/2024), Kota Tidore Kepulauan mengadakan acara penyerahan bantuan sarana usaha kepada 228 pelaku usaha mikro dan kecil. Bantuan senilai Rp1,7 miliar ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tidore Kepulauan dan diserahkan langsung oleh Wali Kota Capt. Ali Ibrahim di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu.

Wali Kota Ali Ibrahim mengungkapkan harapannya agar bantuan ini bisa meningkatkan motivasi kerja, produktivitas, dan daya saing produk UMKM, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan. 

“Bantuan peralatan harus dijaga dengan baik agar tetap bersih sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Jangan memindahtangankan, apalagi menjual peralatan tersebut kepada pihak lain tanpa sepengetahuan Dinas Perindagkop dan UKM. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dengan baik kepada seluruh pelaku UMKM yang menerimanya,” tegasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Selvia M. Nur, menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya, serta membentuk usaha yang tangguh dan mandiri. 

“Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, meningkatkan kemampuan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, sehingga strategi pemerintah dalam pemberdayaan UMKM dapat naik kelas,” jelasnya.

Bantuan ini terdiri dari 10 paket pengadaan yang mencakup berbagai jenis peralatan usaha, antara lain:

- 62 unit untuk usaha pertukangan
- 1 unit untuk usaha jasa perbengkelan
- 28 unit cool box 220 liter untuk pedagang ikan
- 26 unit payung tenda untuk pedagang musiman
- 24 unit tenda tenti untuk UMK/pedagang kue
- 1 unit mesin giling daging untuk pedagang bakso
- 2 unit komputer untuk IKM rumah produksi VCO
- 3 unit mesin pengupas, pengiris, dan penggoreng bawang untuk IKM bawang goreng
- 10 unit untuk usaha jasa catering
- 18 unit mesin parut kasbi untuk usaha aneka kripik kemasan
- 58 unit mesin roti berkapasitas 3,5 dan 15 liter untuk pelaku IKM pembuat roti

Bantuan ini dipilih sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha untuk memastikan efektivitasnya. Acara penyerahan ini juga dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, Ketua TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Safia Ali Ibrahim, Ketua III TP PKK Kota Tidore, Ferawati Abdurrahman Arsyad, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan, Nuraen Ismail Dukomalamo.

Meskipun program ini merupakan langkah maju dalam upaya pemberdayaan UMKM, penting untuk memantau pelaksanaannya dan mengevaluasi dampaknya dalam jangka panjang.

Transparansi dalam penggunaan dana dan pemanfaatan bantuan sangat diperlukan untuk memastikan tujuan program ini tercapai secara optimal dan berkelanjutan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat di Tidore Kepulauan. (RD/Humas Tikep)

Berita Terkait