Honda Tak Yakin Johann Zarco Mampu Gantikan Marc Marquez

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 28 Oktober 2023 11:57 WIB
Marc Marquez, Repsol Honda Team, Johann Zarco, Monster Yamaha Tech 3 (Foto : Gold and Goose)
Marc Marquez, Repsol Honda Team, Johann Zarco, Monster Yamaha Tech 3 (Foto : Gold and Goose)

Jakarta, MI - Honda masih tidak yakin apakah Johann Zarco akan menggantikan Marc Marquez. Karena itu, pembalap asal Prancis itu dianggap sebagai kandidat potensial untuk menggantikan The Baby Alien di Repsol Honda.

Memang sulit bagi tim pabrikan untuk memilih pengganti yang tepat untuk Marquez. Zarco sempat disebut sebagai calon pengganti pria asal Spanyol itu.

Namun, ada banyak alasan yang mendukung alasan tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) itu, karena Repsol Honda tampaknya mulai gelisah dan ragu untuk memilih Zarco.

Pertama, Zarco telah menandatangani kontrak resmi dua tahun dengan LCR Honda mulai 2024. Dia juga telah menyatakan keinginan untuk berkompetisi untuk tim Lucio Cecchinello di MotoGP 2024–2025.

Faktor kedua yang membuat Repsol Honda tetap tidak puas dengan keputusan mereka untuk memilih Zarco adalah bahwa dia dianggap memberikan harapan yang tidak realistik. Pria berusia 33 tahun itu tidak senang dengan sikap ragu-ragu Honda saat merekrutnya.

Zarco secara tidak langsung percaya bahwa HRC menipu dia. Setelah itu, meskipun hanya tim satelit, dia memilih untuk tetap di LCR Honda.

Dengan tim satelit, Zarco akan mendapatkan dukungan yang hampir sama dengan pembalap Repsol Honda, karena ia tetap akan mengaspal dengan motor RC213V yang sama dengan Joan Mir.

Selain itu, Zarco merasa akan lebih terlibat dalam pengembangan motor RC213V bersama LCR karena HRC akan memintanya untuk memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kuda besi tersebut.

Itu sebabnya Honda masih tidak puas jika Johann Zarco menggantikan Marc Marquez. karena tidak akan ada pesaing yang dapat membantu tim satelit berkembang.(Ran)