Presiden Joko Widodo Tegaskan Masyarakat Tak Perlu Khawatir Terhadap Situasi Politik Jelang Pemilu 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Desember 2023 13:27 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Ist)
Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo menegaskan, situasi Indonesia pada tahun politik menjelang Pemilu Serentak 2024 tidak perlu ada yang dikhawatirkan, terutama bagi kalangan pelaku usaha.

"Saya menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Joko Widodo dalam acara "Outlook Perekonomian Indonesia" di Jakarta, Jumat (22/12).

"Kalau bacanya sosmed (media sosial), menonton TV, adu debat antarpolitikus, ya, sepertinya suasananya panas. Tetapi, kalau Bapak, Ibu, turun ke masyarakat, ke desa, ke daerah; Bapak, Ibu, bisa merasakan rakyat itu santai-santai saja," tambahnya. 

 

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kondisi politik Indonesia menjelang Pemilu 2024 dalam suasana adem dan jauh berbeda dibandingkan Pemilu 2014 dan 2019 yang dia ikuti.

"Saya kira sangat jauh (situasinya) jika dibandingkan (Pemilu) 2014 dan 2019. Sangat beda sekali," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menyimpulkan, masyarakat Indonesia telah belajar dari situasi politik di tahun-tahun sebelumnya dan sudah dewasa dalam menyikapi situasi politik menjelang Pemilu 2024. 

"Ini artinya masyarakat kita sudah dewasa berpolitik, yang panas bisa segera didinginkan dan yang terbelah sedikit demi sedikit bisa bersatu kembali," terangnya.