PDIP Siapkan 3 Nama di Pilgub Jatim, Tri Rismaharini Berpotensi Maju

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 Juli 2024 8 jam yang lalu
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim), Said Abdullah (Foto: Ist)
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim), Said Abdullah (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim), Said Abdullah, menyebut sudah ada 3 nama yang akan disiapkan oleh partainya untuk maju di Pilgub Jatim 2024.

Kata Said, saat ini PDIP sudah melakukan penilaian terhadap tiga nama kader yang rencananya akan diusung oleh partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Kalau di Jawa Timur itu insyaAllah kami di PDIP, rangking pertama ada Mbak Risma, kedua ada Bapak Azwar Anas, yang ketiga ada Mbah Kung alias Mas Kanang (Budi Sulistyono). Ketiga-tiganya tokoh yang kami persiapkan," kata Said kepada wartawan, dikutip Jumat (26/7/2024).

Kata Said, dari ketiga nama itu, menurutnya Tri Rismaharini sangat berpeluang untuk bergandengan dengan Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim 2024. Selain itu, kata dia, PDIP juga siap berkoalisi dengan PKB di Pilgub Jatim. 

"Ini kan siapapun boleh daftar ke KPU asal memenuhi 'rukun iman' 24 kursi DPRD Jatim, itu saja yang harus kita penuhi. Karena kalau Kiai Marzuki atau Mbak Risma itu sesuatu yang hebat bagi kami," jelasnya.

"Memang kan kita daftar sendiri nggak usah teriak-teriak cari penantang. Pokoknya kami daftar di KPU, siapapun lawannya saya nggak mau tahu. Tahunya punya saya Risma ya Risma, kan begitu, atau Kiai Marzuki ya Kiai Marzuki," kata Said menambahkan. 

Lebih lanjut, PDIP kata Said, mengingat waktu pendaftaran Pilgub Jatim 2024 yang semakin dekat, maka pihaknya akan mempersiapkan sebaik mungkin soal pencalonan tersebut. 

"Memang sudah dekat (pendaftaran), sebulan lagi kira-kira pendaftaran. Sebagaimana saya sampaikan ritual 5 tahunan ini partai sudah pasti punya kesiapan, pertama infrastrukturnya, kemudian penataan kelembagaan diperkuat, tokohnya diperkuat. Dan kami sudah membuat perangkingan," demikian Said.