PAN Siap Dukung Anies di Pilgub Jakarta dengan Syarat...

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 Juli 2024 5 jam yang lalu
Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)
Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, menyatakan partainya siap mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Tahun 2024 dengan syarat wakil gubernurnya harus dari PAN.

Menurut Yandri, wakil gubernur yang disiapkan PAN untuk mendampingi Anies adalah Ketua DPP PAN Zita Anjani.

"PAN tidak menutup kemungkinan bisa bergabung juga dengan Anies. Tetapi dengan syarat wakilnya dari PAN, Zita Anjani," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (26/7/2024). 

Menurut ia, pengusungan bakal calon kepala daerah merupakan hak dari masing-masing partai politik.

Jika belum ada titik temu mengenai hal itu, PAN lanjut Yandri, kemungkinan akan mengusung calon alternatif lainnya, seperti Jusuf Hamka atau Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, karena Pilkada Jakarta akan sangat dinamis.

"Dan siapa pun yang maju, menurut saya, semua punya peluang untuk menang," katanya.

Untuk itu, Yandri juga mengapresiasi keputusan Partai NasDem yang telah menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta dan menilai Anies memiliki peluang untuk memenangkan kontestasi politik tersebut.

Kata Yandri, jika nantinya Anies setuju untuk berdampingan dengan putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu, dia memastikan surat keputusan dari PAN akan langsung diberikan dan segera menggelar deklarasi dukungan kepada Anies-Zita. 

"Intinya kalau PAN, kalau Anies ambil Zita, dalam hitungan jam SK keluar," jelas Yandri.