Megawati Umumkan Bakal Calon Pilkada Serentak Pekan Depan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Juli 2024 3 jam yang lalu
Ketua DPP PDIP Said Abdullah
Ketua DPP PDIP Said Abdullah

Jakarta, MI - Ketua DPP PDIP Said Abdullah memastikan pihaknya akan mengumumkan bakal calon, yang akan maju di Pilkada serentak, Rabu (7/8/2024). 

Hal tersebut disampaikan, merespon dugaan dukungan PDIP yang diberikan ke beberapa calon seperti Airin Rachmi Dainy, Anies Baswedan, dan Edy Rahmayadi.

"Siapa-apa itu belum ada keputusan. Biasanya kalau kawan-kawannya nanya, sabar aja, karena nampaknya baru minggu depan diumumkan kalau PDIP ada, ya," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2024).

Lebih lanjut, Said menegaskan pengumuman tersebut akan diungkapkan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Karenanya, ia meminta publik untuk bersabar menunggu langkah PDIP selanjutnya.

"Iya, wong untuk tingkatan itu. Daripada berwacana terus, ya sudahlah yang pasti-pasti saja, tunggu rabu lah percaya gua," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan surat rekomendasi, kepada bakal calon kepala daerah pada awal Agustus mendatang.

Demikain disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, usai menghadiri peringatan peristiwa Kudatuli di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2024).

"Dan kita sudah memetakan seluruh wilayah karena pilkada itu kan bukan hanya di Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta tapi di seluruh Indonesia," kata Djarot.

Ia menjelaskan, saat ini PDIP masih mempersiapkan surat rekomendasi yang akan diberikan kepada berbagai bakal calon kepala daerah, dikarenakan untuk pertama kalinya pilkada digelar serentak di  514 kabupaten/kota dan 37 provinsi

"Tapi yang jelas PDI Perjuangan sudah mengeluarkan surat tugas dan rekomendasi itu sudah lebih dari 50 persen dan nanti akan disampaikan secara bertahap oleh Ibu Ketua Umum akhir Juli ini atau minggu pertama Agustus, mungkin bisa dua batch ya, dua gelombang, atau tiga gelombang karena begitu banyaknya rekomendasi yang sudah berproses dan dikeluarkan oleh PDI Perjuangan," ujarnya.