NasDem Resmi Usung PJ Gubernur Bustami Hamzah Maju Pilkada Aceh 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 8 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Ilustrasi Bendera Partai NasDem (Foto: Ist)
Ilustrasi Bendera Partai NasDem (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Willy Aditya, mengatakan bahwa partainya memutuskan untuk mengusung Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah pada Pilkada Aceh 2024.

Keputusan tersebut, kata dia, diambil oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh setelah mempertimbangkan sejumlah aspek dan aspirasi dari berbagai pihak.

“Setelah mendengar, Pak Surya sebagai putra Aceh mendengar aspirasi dari para Abu-abu (istilah adat Aceh untuk orang tua) dan tokoh masyarakat, dan juga setelah mencermati survei, lalu memutuskan untuk mengusung Pak Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah dalam Pilgub,” kata Willy kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/8/2024). 

Menurut dia, Provinsi Aceh membutuhkan pemimpin dengan rekam jejak yang sesuai spirit merestorasi "Serambi Makkah".

Dia menilai hal tersebut melekat pada sosok Bustami yang dinilai NasDem sangat layak dan pantas untuk memimpin Aceh. 

Dia pun menekankan Partai NasDem akan terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik dan elemen masyarakat di Aceh untuk membangun kekuatan menghadapi Pilkada Aceh 2024.

“Soal pasangan, nanti kita akan berkomunikasi dengan partai-partai lain dan tokoh masyarakat untuk melihat best of the best-nya seperti apa, NasDem akan mempersembahkan yang terbaik untuk Aceh,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian atas nama Presiden RI secara resmi telah melantik Bustami Hamzah sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh menggantikan Achmad Marzuki pada 13 Maret 2024.

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di aula Kemendagri RI, Jakarta, dan turut dihadiri pimpinan DPR Aceh, Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf dan sejumlah tokoh dan politisi Aceh lainnya.