Ketum Golkar Airlangga Hartarto Dikabarkan Mundur, Agus Gumiwang jadi Plt?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Dok MI)
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Ketua Umum (Ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto dikabarkan bakal mengundurkan diri dari jabatannya. Pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi itu disebut telah meneken surat penguduran dirinya sebagai ketua umum pada Sabtu (10/8/2024).

"Airlangga mundur," kata sumber, Minggu (11/8/2024).

Sebelum kabar Airlangga mengundurkan diri, kursi Ketua Umum Golkar telah digoyang sejak pertengahan tahun lalu. 

Golkar juga dikabarkan akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 25 Agustus mendatang. Agus Gumiwang pun disiapkan sebagai Plt ketua umum. "Rencananya Munaslub akan digelar 25 Agustus. Nanti Agus Gumiwang menjadi Plt Ketum Golkar hingga Munaslub digelar," jelasnya.

Golkar buka suara

Kabar Airlangga mundur dibenarkan oleh politikus Golkar sekaligus Ketua Umum SOKSI, Ali Wongso. Ali mengaku, sudah berkomunikasi dengan tokoh senior Golkar lainnya.

"Benar mundur (Airlangga dari Ketua Umum Golkar). Saya baru telepon dengan senior Golkar, soal pengunduran diri Ketum AH," kata Ali, Minggu.

Hal senada, juga diungkapkan oleh Waketum Golkar, Adies Kadir. "Benar, sore (hari ini) Pak AH konpres," ucap Adies.

Sementara, Waketum Golkar Dito Ariotedjo tidak menjawab secara gamblang terkait isu pengunduran diri Airlangga. Menpora itu justru meminta, masyarakat menunggu informasi resmi Partai Golkar.

"Kita tunggu ya resminya, mungkin karena akan fokus di pemerintahan dan tantangan ke depan. Terkait ekonomi nasional dan global semakin banyak dan kompleks," kata Dito, Minggu.

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Dave Laksono belum mau berbicara saat dikonfirmasi soal kabar Airlangga mengundurkan diri dari partai yang identik dengan warna kuning itu. "Tunggu yah," ujarnya.

Calon kuat Ketum

Calon kuat untuk menggantikan Airlangga adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Dua orang elite Golkar lain pun membenarkan informasi soal Airlangga mundur. 

BACA JUGA: Airlangga: Tak Ada Jegal-menjegal dan Poros-poros Tunggal!

Sebelumnya, tiga menteri dari Kabinet Indonesia Maju akan bertarung memperebutkan kursi ketua umum Partai Golkar dalam Munas yang digelar tahun ini. 

Mereka adalah Airlangga Hartarto sendiri, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Kabar majunya tiga menteri Jokowi ke ajang pemilihan pemimpin Partai Golkar diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum partai Golkar Bambang Soesatyo. Bamsoet, yang kini menjabat sebagai Ketua MPR, akan menjadi calon keempat dalam munas.

Artinya, ada empat orang yang dipastikan maju dalam Munas Golkar yang dijadwalkan berlangsung pada Desember yaitu Bamsoet, Airlangga, Bahlil, dan Agus Gumiwang.

"Setidaknya santer empat suara yang muncul di permukaan yang akan bertarung di forum Munas tahun ini. Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senin (11/3).