Profil Capres Ganjar dan Cawapres Mahfud

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 Juni 2024 06:18 WIB
Profil Capres Ganjar dan Cawapres Mahfud
Infografis Capres Ganjar dan Mahfud (Foto: Dok Monitorindonesia.com)

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah resmi mendaftar ke KPU sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Mahfud MD yang juga Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu pagi 18 Oktober 2023.

Sejumlah lembaga pernah melakukan survei elektabilitas Ganjar-Mahfud sejak beberapa bulan terakhir atau sebelum mereka dideklarasikan sebagai pasangan. Hasilnya, tingkat keterpilihan atau elektabilitas mereka terbilang tinggi dibanding pasangan calon lain. 

Di lain sisi, perlu diketahui bahwa, kedua tokoh terbaik bangsa Indonesia ini ternyata merupakan alumni Universitas Gajah Mada (UGM). Ganjar lulus dari Fakultas Hukum UGM dengan dosen penguji skripsi Prof. Nindyo Pramono. Kendati, hampir 15 tahun lulus dari Kampus Biru itu, Ganjar melanjutkan pun pendidikanya di Program Pascasarjana (S2) UI, dengan mengambil jurusan Ilmu Politik.

Sementara Mahfud MD, merupakan lulusan S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan, jurusan Sastra Arab. Dirinya juga merupakan jebolan sarjana Fakultas Hukum, jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Mahfud MD juga kembali melanjutkan studi di UGM, yakni di program pascasarjana (S2) di bidang Ilmu Politik dan program doktoral (S3) dalam Ilmu Hukum Tata Negara. (Wan/Ran)