5 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 Oktober 2023 19:31 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol, meski mengandung omega dan terbilang baik untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis ikan yang dapat memicu kadar koleterol tinggi dalam darah. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, termasuk jenis ikan karena berpotensi memicu hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi yang berisiko serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol:

1.Ikan sarden

Ikan sarden memang banyak dikonsumsi masyarakat, karena banyak dijual dalam bentuk kalengan yang mudah dimasak dan murah. Namun, ikan sarden ternyata punya kandungan kolesterol yang tinggi dibanding jenis ikan lainnya. 

Di mana 100 gramnya mengandung 142 miligram kolesterol. Sementara kandungan kalorinya dalam 100 gram ada 208, protein 24,6 gram, dan lemak jenuh 1,53 gram.

2. Ikan teri

Ikan teri termasuk salah satu jenis ikan dengan kadar kolesterol tinggi, karena dalam 100 gram ikan teri mengandung 85 miligram kolesterol.

3.Ikan salmon

Ikan salmon disebut punya kadar kolesterol tinggi yakni 63 mg dalam 100 gram dengan kalorinya 206, protein 22,1 gram, dan lemak jenuh 2,4 gram.

4.Ikan bawal

Ada 2 jenis ikan bawal, yaitu ikan bawal air tawar dan laut. Sementara, ikan bawal yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita kolesterol adalah ikan bawal yang hidup di air tawar, sebab memiliki kandungan kolesterol 120 miligram per 100 gramnya.

5.Ikan tongkol

Ikan yang banyak di jumpai di pasar ini, ternyata termasuk ikan yang memiliki jumlah kolesterol tinggi. Dalam 100 gram ikan tongkol, mengandung 102 miligram kolesterol.

Topik:

Kolesterol