Sejumlah Lokasi di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Juni 2024 07:30 WIB
Banjir rob yang terjadi membuat genangan air terjadi di kawasan Sunter Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Selasa (4/6/2024) malam. [Foto: BPBD DKI Jakarta]
Banjir rob yang terjadi membuat genangan air terjadi di kawasan Sunter Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Selasa (4/6/2024) malam. [Foto: BPBD DKI Jakarta]

Jakarta, MI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sejumlah lokasi di Jakarta Utara mengalami dampak banjir rob, pada Selasa (4/6/2024) malam.

"Sejauh ini masih aman terkendali," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta.

Ia mengatakan, lokasi terdampak di Jalan RE Martadinata atau di depan Jakarta International Stadium (JIS), Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok.

"Sekitar pukul 19.45 WIB terdapat genangan air dengan ketinggian 5-10 centimeter dan pada pukul 21.15 WIB ketinggian genangan air juga sekitar 5 hingga 10 centimeter," ujarnya.

Sekitar pukul 21.15 WIB, cuaca cerah dan lalu lintas terpantau lancar. Selain itu di kawasan Pintu Air Pasar Ikan, Jalan Krapu Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, sekitar pukul 21.27 WIB terpantau cerah.

Untuk tinggi muka air pada pukul 20.25 WIB tinggi muka air 250 yakni, siaga 2 dan pukul 21.25 WIB turun menjadi 245 dengan status siaga 2

BPBD DKI, langsung melakukan peninjauan lokasi stasiun pompa air Pasar Ikan dan berkoordinasi dengan petugas SDA.

"Personel juga berjaga melaporkan kondisi tinggi muka air secara berkala," jelasnya.

Sebelumnya BPBD DKI Jakarta meminta warga yang bermukim di wilayah pesisir, agar mewaspadai banjir pesisir atau rob, pada 4 Juni hingga 10 Juni 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, puncak pasang maksimum pada pukul 20.00 sampai 24.00 WIB.

Dia merujuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Maritim Tanjung Priok, tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (Rob) menginformasikan bahwa fenomena pasang maksimum air laut, bersamaan dengan fase Bulan Purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Oleh karena itu, Isnawa menyampaikan agar warga wilayah pesisir utara Jakarta seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut, yang berpotensi terjadinya banjir pesisir (rob).