Bos Apple Naik Sedan Mewah ke Istana, Harganya Selangit tapi Belum Bayar Pajak

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 18 April 2024 16:57 WIB
Bos Apple Tim Cook saat ke Istana Kepresidenan Jakarta (Foto: Istimewa)
Bos Apple Tim Cook saat ke Istana Kepresidenan Jakarta (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook diantar menggunakan sedan mewah Mercedes-Benz dengan type S450L ketika bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4/2024). Pertemuan yang berlangsung selama satu jam mulai pukul 09.30 WIB.

Usut punya usut, ternyata mobil berwarna hitam metalik dengan nomor polisi (nopol) B 227 MPM itu belum membayar pajak. "Status: masa pajak habis. Jatuh tempo pajak: 27-09-2023," tulis informasi data kendaraan dan pajak kendaraan bermotor pemerintah provinsi DKI Jakarta yang dikutip dari samsat-pkb2.jakarta.go.id, pada Kamis (18/4/2024).

Berdasarkan informasi laman Samsat itu, nama pemilik mobil tersebut PT Majesta Putra Mandiri dengan alamat dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dirahasiakan. Nilai jual mobil tersebut Rp2.079.000.000 (Rp2,079 miliar) dengan tahun pembuatan 2022.

Mobil mewah dengan pajak jatuh tempo itu, masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada 27 September 2027. Seharusnya, pajak mobil  yang dibayarkan setiap tahunnya (PKB pokok) sebesar Rp42.619.500 (Rp 42,6  juta).

Karena telat bayar mobil dengan jenis bahan bakar bensin ber-CC 2999 itu didenda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp5.996.800 (Rp5,9 juta). Selain itu, harus membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp143 ribu dan dendanya Rp100 ribu. Jadi total pajak yang harus dibayarkan pada tahun ini sebesar Rp48.829.300 (Rp48,8 juta).

Di sisi lain, bila dilihat dari sisi kemewahan mobil tersebut, tersedia lima layar OLED untuk mengontrol fungsi kenyamanan kendaraan. Selain itu terdapat juga sistem infotainment bernama Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Salah satu identitas MBUX merupakan MBUX Interior Assist dengan nama asisten kontrol suara 'Hey Mercedes'.

Mercedes-Benz S450  itu memiliki ukuran panjang 5.289 mm x lebar 1.954 mm x lebar 1.945 x tinggi 1.503 mm. Mercedes-Benz S450 itu juga memiliki kelapangan bagi penumpang dari generasi sebelumnya dengan ukuran headroom lebih luas 1.070 mm (depan), 974 mm (belakang), legroom 1051 (depan) dan 1.115 (belakang).

Di balik kapnya, terdapat mesin M256, Six-Inline (bensin) dengan transmisi 9G-Tronic Automatic berkapasitas 2.999 cc dan starter alternator EQ Boost 48-volt yang mampu memuntahkan tenaga 367 hp di 5.500 - 6.100 rpm dengan tambahan tenaga EQ Boost 22 hp, dan torsi 500 Nm di 1.600 - 4500 rpm.

Soal harga mobil masuk pasar Indonesia pada tahun 2021 itu, di laman Mercedes-Benz Indonesia, S450 dibanderol Rp2,84 miliar (off the road). Tertulis juga harga tersebut belum termasuk pajak barang mewah. Dengan demikian, harganya sudah tentu lebih dari Rp2,84 miliar.

Hasil pertemuan Tim Cook dengan Jokowi
Menkominfo Budi Arie membeberkan hasil pertemuan antara Jokowi dan Tim Cook di Istana Negara pada Rabu, 18 April 2024 kemarin. Budi mengungkapkan Jokowi telah meminta raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu untuk berinvestasi di sejumlah proyek di Tanah Air.

“Tadi pertemuan berlangsung selama hampir 1 jam dan sudah disepakati beberapa hal penting,” kata Budi di kantor Kominfo, Jakarta Pusat pada Rabu (17/4/2024).

Budi mengatakan Jokowi ingin Indonesia tidak hanya menjadi pasar produk Apple, tetapi juga menjadi bagian dari rantai pasok dunia atau global supply chain Apple. Oleh karena itu, presiden membujuk Apple untuk berinvestasi di sektor manufaktur.

Seperti diketahui, skema investasi Apple di Indonesia selama ini dihitung melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 35 persen. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong nilai tambah dari investasi termasuk dari Apple.

Selain permintaan investasi di sektor manufaktur, Jokowi juga melobi Apple untuk ikut serta dalam pengembangan smart city atau kota pintar di Ibu kota Negara atau IKN Nusantara. “Presiden menyampaikan kepada Tim Cook dan mengajak Apple bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN,” ujar Budi.

Menurut Budi, Apple sudah mempertimbangkan investasi ke IKN. Dia juga menilai perusahaan asal Amerika Serikat itu sudah menunjukkan komitmen dan keseriusannya untuk mengembangkan teknologi kota pintar di IKN. Kendati demikian, ia menyatakan belum ada nilai investasi yang disepakati.

“Ini lagi dibicarakan detailnya, termasuk jika diperlukan insentif-insentif untuk Apple,” kata dia.

Di tempat berbeda, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator apabila Apple berinvestasi di IKN. “Teknisnya (investasinya) di kementerian,” kata Agus usai menemani Jokowi bertemu Cook di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Luhut sebelumnya bertanggung jawab sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi di IKN sejak Mei 2023. Luhut ditugaskan untuk mengkoordinasikan lembaga terkait agar percepatan investasi di IKN berjalan efisien.

Dalam keterangan usai pertemuan dengan Jokowi, Tim Cook menyebut Indonesia sebagai pasar penting bagi Apple. Cook juga mengungkapkan pihaknya membuka peluang untuk membangun pabrik di Indonesia. Bos perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat itu menyebut banyak potensi yang dapat dikembangkan dari Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat banyak pabrik di negara ini dan itu adalah sesuatu yang akan kami upayakan,” ujar Cook.

Selama tahun lalu, 50 juta unit gawai diproduksi di Indonesia. Sebanyak 2,8 juta unit gawai diimpor, dengan 85 persen di antaranya produk-produk Apple. Nilai impor gawai selama tahun lalu sebesar US$2 miliar atau setara Rp 34 triliun.

Cook juga menyatakan kekagumannya terhadap atmosfer, budaya, semangat muda, keberagaman, dinamisme dan lingkungan lokal Indonesia. Cook menilai Indonesia memiliki masa depan yang cerah, termasuk untuk berinvestasi.

“Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini,” kata dia.