Pergantian Jubir KPK secara Mendadak Bikin Ali Fikri Kaget

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 7 Juni 2024 21:03 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Firki (Foto: Dok MI)
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Firki (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Pergantian Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara mendadak membuat Ali Fikri kaget. Posisi tersebut sebelumnya diduduki Ali Fikri, kini diisi Tessa Mahardhika sebagai jubir definitif KPK.

"Saya tidak bisa berkomentar soal ini. Info yang saya dapat memang mendadak tapi itu semua tentu sepenuhnya kewenangan pimpinan," kata Ali Fikri yang kini tetap menjadi Kepala Bagian Pemberitaan KPK, di gedung merah putih KPK, Jumat (7/6/2024).

"Sebagai pegawai saya tentu patuhi aturan sepanjang benar prosesnya," tambah Ali Fikri.

Menurut Ali Fikri, hal itu sebagaimana bentuk keterbukaan dan transparansi lembaga antirasuah. Namun demikian ia menegaskan pemberantasan korupsi harus tetap dilanjutkan. "Kita tetap bersama dan saya kembali ke 'dapur' mengawal pada bagian strategi komunikasi KPK sebagai kepala bagian pemberitaan," demikian Ali Fikri.

Adapun penunjukan Tessa Mahardhika sebagai jubir definitif KPK dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak. 

Dijelaskannya posisi yang selama ini diemban oleh Ali sejatinya adalah Plh Jubir KPK. Di satu sisi, posisinya sebagai Kabag Pemberitaan masih tetap. 

"Beliau (Ali Fikri) tetap sebagai Kabag Pemberitaan, selama ini beliau cuma sebagai Plh jubir," kata Tanak saat dikonfirmasi, Jumat (7/6).

Lalu untuk posisi Jubir definitif KPK yang sekarang adalah Tessa Mahardika Sugiarto. Tessa sebelumnya menjabat sebagai penyidik komisi antirasuah. Dia pernah di posisi struktural sebagai Direktur Koordinasi dan supervisi Wilayah I.