Otorita IKN Teken MoU dengan Perusahaan Silicon Valley

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 14 November 2023 21:04 WIB
Silicon Valley (Foto: Shutterstock)
Silicon Valley (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MI - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan tiga perusahaan teknologi global di Silicon Valley, San Francisco, AS, Senin (13/11). Tiga perusahaan itu adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara, secara langsung menyaksikan penandatanganan MoU.Dalam sambutannya, Bambang menyatakan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan peristiwa bersejarah dalam pembangunan kota. Bukan kota biasa; itu adalah ibu kota Republik Indonesia.

"Bukan cuma ibu kota, tapi juga ibu kota yang berkelanjutan," kata Bambang kepada awak media.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi perusahaan-perusahaan raksasa dunia tersebut untuk bersama-sama membangun nusantara.

MoU ditandatangani oleh Deputi bidang Transformasi Hijau dan Digital Muhammed Ali Berawi. Dari Cisco yang mewakili adalah Vice President Engineering Sustainability Office Denise Lee Yeh, Autodesk diwakili Allison Rose selaku Senior Director Government Affairs and Public Policy, dan ESRI diwakili oleh Dean Angelides selaku Director of Global Business Development.

Cisco adalah produsen perangkat jaringan, telekomunikasi, dan solusi teknologi. Di IKN, Cisco akan bekerja pada pengembangan perangkat kota cerdas seperti jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT). Teknologi tersebut digunakan untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan memanfaatkan data dan informasi di lapangan.

Solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota akan diuntungkan oleh  teknologi jaringaitun konektivitas ini.

Sementara , Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur melalui layanan solusi digitalnya dan berbagai perangkat lunak.

Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial.

Teknologi tersebut dimanfaatkan di IKN bisa digunakan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial. Teknologi informasi geospasial dapat membantu dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.(Ran)