Hari Ini, Hasil Tes Tertulis Capim dan Dewas KPK Diumumkan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK (Foto: Dok MI/Aswan)
Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI - Panitia Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pansel KPK akan mengumumkan hasil tes tertulis calon pimpinan dan dewan pengawas KPK pada hari ini, Kamis (8/8/2024).

Pengumuman itu akan digelar di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. Pansel KPK awalnya akan menggelar konferensi pers mengenai hasil tes tertulis Capim dan Dewas sekitar pukul 13.00 WIB. Namun dinamika rapat memutuskan untuk memajukan agenda tersebut menjadi pukul 11.00 WIB.

Tes tertulis Capim dan Dewas KPK digelar di Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara, pada Rabu, 31 Juli 2024. Tahap ini merupakan sarana uji kompetensi bagi 229 peserta seleksi Capim KPK dan 142 calon Dewas KPK, yang telah lulus tahap seleksi administrasi.

Anggota Pansel KPK, Y Ambeg Paramarta, mengatakan nama-nama peserta yang lolos tes tertulis diumumkan pada 8 Agustus 2024 melalui laman resmi kementerian sekretariat negara, www.setneg.go.id dan laman resmi KPK, www.kpk.go.id. 

Setelah ada pengumuman, Pansel KPK memberikan ruang masyarakat memberikan tanggapan nama-nama yang dinyatakan lolos. Tanggapan bisa disampaikan melalui laman resmi Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id atau melalui email ke [email protected] dan [email protected].

"Batas akhir tanggapan pada 24 Agustus 2024,” kata Ambeg.

Dalam tes tertulis calon dewas KPK, panitia menyediakan 7 soal yang terdiri dari 4 soal wajib dan 3 soal pilihan. Dari 3 soal pilihan itu, peserta waiib mengerjakan 2 soal. Pertanyaan seputar tugas pokok dan fungsi Dewas KPK. 

Pertanyaan itu nantinya akan dinilai oleh pihak ketiga yang berasal dari para akademisi. Untuk capim KPK, panitia menyediakan 9 soal. Peserta harus menjawab 4 pertanyaan wajib dan 5 pertanyaan pilihan. Masing-masing soal memiliki bobot 100.