Manfaatkan DBHCHT Disnaker Blitar Gelar Pelatihan Make Up Artis kepada Pencaker Bersertifikat BNSP

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 22 Juli 2024 20:29 WIB
Bupati Blitar, Rini Syarifah bersama Kadisnaker, Tavip Wiyono dan para peserta pelatihan. (Foto: Dok MI/JK)
Bupati Blitar, Rini Syarifah bersama Kadisnaker, Tavip Wiyono dan para peserta pelatihan. (Foto: Dok MI/JK)

Blitar, MI - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara penutupan pendidikan dan pelatihan Keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan Klaster Kompetensi dengan Skema Make UP Artis, pada Senin (22/7/2024) di Wisata Blitar Park.

Untuk pelatihan make up artis kepada pencari kerja (pencaker) bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan pelatihan tersebut digagas oleh Disnaker dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Pelatihan yang berlangsung selama 13 hari dimulai 9-23 Juli 2024 dan ditutup oleh Bupati Blitar, juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), APTI Kabupaten Blitar, LPK dan peserta pelatihan.

Bupati Blitar, Rini Syarifah dalam sambutanya mengatakan, pelatihan yang sudah berlangsung beberapa hari lalu benar-benar bisa bermanfaat, bisa diaplikasikan, karena merias bisa untuk diri sendiri juga untuk orang lain.

“Dengan merias diri atau pakai make up, bisa mempercantik penampilan, meningkatkan rasa percaya diri,dan meningkatkan hubungan interpersonal. Demikian halnya ketika merias orang lain, tentu akan membuat orang senang, dan tentunya bisa menambah pendapatan,” ujarnya.

Selain itu, bupati wanita di Kabupaten Blitar ini juga mengungkapkan, bagi para peserta untuk terus mengasah kemampuan dan tentunya juga bisa membuka peluang usaha.

“Terus asah kemampuan diri, karena saya yakin setelah pulang dari sini nanti ada yang langsung bikin salon kecantikan, juga bisa panjenengan manawarkan jasa make up melalui media sosial. Intinya saya minta panjenengan bisa baca peluang, jadikan keahlian mencari cuan,“ ungkapnya.

Mak Rini panggilan akrab bupati ini juga berpesan, dalam era globalisasi yang terus berkembang, persaingan di berbagai bidang semakin ketat. Untuk itulah sertifikasi juga sangat berperan.

“Sertifikasi BNSP tidak hanya memberikan pengakuan dari pihak berwenang, tetapi juga membuka pintu untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono pada kesempatan itu menjelaskan, acara penutupan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi dengan skema make up artist tahun 2024 diselenggarakan dari dana DBHCHT.

“Pelaksanaan pelatihan Sang Kapten ini merupakan pelatihan kedua yang menggunakan dana DBHCT dan masih ada beberapa pelatihan yang akan dilaksankan lagi di bulan-bulan berikutnya. Sedangkan pelaksanaan pelatihan ini dimulai pada tanggal 9 Juli 2024 hingga hari ini, 22 Juli 2024 dan besok pada tanggal 23 Juli 2024 akan dilaksanakan uji kompetensi,” terangnya.

Pihaknya juga berharap pelaksanaan pelatihan selama 12 hari ini dapat menambah semangat pencari kerja dalam berkarya dan dapat meningkatkan keterampilan kerja.

Sebagai informasi, lembaga penyelenggara adalah dari LPK Erlin Estetika Blitar untuk lembaga sertifikasinya adalah LSP Paras dari Surabaya. (JK)