14.000 Orang Mendaftar jadi Relawan PON 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 25 Juli 2024 23 jam yang lalu
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara mencatat sekitar 14.00 orang telah mendaftar. (Foto: Antara)
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara mencatat sekitar 14.00 orang telah mendaftar. (Foto: Antara)

Medan, MI - Sekitar 14.00 orang telah mendaftar sebagai volunteer atau relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, kata Ketua Sumber Daya Manusia Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Ismael Sinaga Sumatera Utara di Medan pada Kamis (25/7/2024).

Ismael mengatakan angka tersebut terbilang sedikit karena PB PON Sumatera Utara menargetkan 70.000 relawan dan saat ini terus memasifkan sosialisasi gerakan relawan PON dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. "Kami optimistis yang mendaftar menjadi sukarelawan dalam ajang nasional sesuai target sebelum pelaksanaan PON," ujarnya.

Menurut dia, seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara telah diminta semaksimal mensosialisasikan gerakan relawan PON 2024. "Pak Pj Gubernur Sumut telah membuat surat imbauan ke seluruh pimpinan dan anggota organisasi untuk berperan aktif pada PON 2024," tuturnya.

Ismael mengatakan bahwa PB PON Sumut membutuhkan tiga klasifikasi relawan, yakni Green Volunteer, Blue Volunteer, dan Yellow Volunteer, yang akan bertugas sesuai kebutuhan PON 2024.

Green Volunteer, kata dia, akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana sebagai event staff dan general support yang bertugas secara langsung dalam PON 2024. Relawan hijau ini akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan i pelatihan yang telah disiapkan secara khusus.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," ucap Ismael.

Sementara itu, yellow volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut dan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, kampus dan sekolahn. Masyarakat yang berminat menjadi relawan PON 2024 diberi kesempatan mendaftar hingga 31 Juli 2024 melalui www.PON2024.id, pungkasnya.