Ini Alasan Mahfud Tak Mau Menjawab Pertanyaan Gibran Saat Debat

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Januari 2024 11:03 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Foto: MI/Dhanis)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menilai cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka tak mengerti persoalan terhadap pertanyaan yang ia tanyakan sendiri pada debat pilpres keempat. Karena itu, Mahfud pun enggan untuk menjawab yang kedua kalinya.

"Saya bukan tidak mau menjawab dengan benar, tapi dia tidak mengerti konsep itu sehingga dibilang lho kok lain," kata Mahfud usai debat kedua cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Menurutnya, pertanyaan Gibran sudah dijawabnya dengan sangat jelas, tetapi karena ia menunjukkan gimmick dalam debat Mahfud pun meminta untuk dikembalikan waktu jawabannya kepada moderator.

"Sehingga saya bilang ke moderator udah lah kembalikan ke moderator saja, ini gak bisa dilanjutkan debat begini, karena masalahnya sudah dijawab, lalu dibilang belum dijawab kan itu hanya gimmick saja," ujar Mahfud.

Untuk itu, Mahfud menilai debat seperti itu sangat tak bermanfaat dan tak bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, karena hanya menampilkan gimmick-gimmick semata dan bukan substansi dari tema debat tersebut.

Adapun tema debat kedua cawapres tersebut mengangkat tentang pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. (DI)