Golkar Pasrah Kursi Calon Gubernur Jabar Diambil Alih Gerindra

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 5 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily, buka suara soal pengusungan kader Partai Gerindra Dedi Mulyadi sebagai bakal bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Kata Ace, partainya hanya akan mengisi posisi bakal calon wakil gubernur untuk Pilkada Jabar sebagaimana kesepakatan antara Golkar dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya itu sudah menjadi bagian dari kesepakatan," kata Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2024). 

Meski begitu kata Ace, walaupun Golkar sebelumnya menginginkan agar Ridwan Kamil kembali maju di Pilgub Jabar karena mempunyai elektabilitas tinggi, partainya harus merelakan kursi calon gubernur kepada Gerindra. 

"Karena itu, saya sebagai Ketua Golkar Jawa Barat tentu menerima apapun perintah dari partai," ujarnya. 

Selain itu, kata Ace, bahwa calon pendamping Dedi Mulyadi untuk Pilkada Jabar bakal ditentukan oleh pimpinan pusat partai berlambang pohon beringin itu.

Namun dia juga memberikan sinyal bahwa nama Wakil Ketua DPRD Jabar Ade Ginanjar bakal dibahas dengan ketua umum partai. Adapun Ade Ginanjar juga merupakan kader dari Partai Golkar.

"Nanti bersama ketua umum kita akan bahas, ya mudah-mudahan secepatnya," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pasangan untuk Dedi Mulyadi yang diusung maju sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jabar yakni akan berasal dari Partai Golkar.

"Namanya, sehari dua hari lagi juga (diumumkan)," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Adapun dalam Pilkada 2024 di beberapa provinsi besar, menurutnya akan ada partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, termasuk di Pilkada Jakarta. Namun dia belum menyebutkan partai-partai mana saja yang akan bergabung dalam KIM Plus tersebut.