Maju Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil Mendaftar 27 Agustus

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Suswono (kiri) dan Ridwan Kamil (kanan) (Foto: Kolase MI/Aswan)
Suswono (kiri) dan Ridwan Kamil (kanan) (Foto: Kolase MI/Aswan)

Jakarta, MI - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan mendaftarkan diri untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024, dalam waktu dekat. Rencananya, pendaftaran itu akan dilakukan, pada 27 Agustus 2024 mendatang.

"Setelah itu ya mudah-mudahan tidak ada perubahan, mendaftar di tanggal 27, kalau tidak salah, untuk Pilkada di Jakarta," kata Ridwan Kamil kepada wartawan dikutip, Jumat (16/8/2024).

Lebih lanjut, Kang Emil, sapaan akrabnya mengaku akan mengumumkan dalam waktu dekat, mengenai sosok calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampinginya. Sejauh ini, sosok cawagub itu masih dibahas meskipun namanya sudah beredar luas.

"Setelah itu, kita tunggu pengumuman calon wakilnya, kan masih dibahas walaupun namanya sudah ada beredar dan lain sebagainya, tapi kan belum resmi disampaikan karena masih ada mungkin dinamika," tandasnya.

Sebelumnya, dia mengaku siap disandingkan dengan siapapun untuk berkontestasi di gelaran Pilkada serentak 2024. Termasuk kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suswono.

Ia mengatakan, bahwa dirinya sudah cukup berpengalaman dalam gelaran Pilkada. Kang Emil pernah mengikuti Pemilihan Walikota dan Gubernur sebelumnya.

“Saya selalu beradaptasi dengan siapapun yang dijodohkan sebagai pasangan dalam kontestasi pilkada. Jadi dengan Pak Suswono juga, kalau Suswono itu betul (maju), tapi saya tidak mau mendahului ya, saya kira saya bisa dengan mudah beradaptasi,” ujar RK di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Sementara itu, ia enggan menanggapi lebih lanjut perihal koalisi dengan PKS. Menurut RK, hal itu merupakan ranah Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Politik khususnya Golkar.

“Saya tidak terlalu banyak ikut ya dalam dinamika perjodohannya, jadi ikut gimana koalisi dari KIM Plus aja,” tandasnya.