Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045"

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 1 Juni 2024 03:29 WIB
Alun-alun Pancasila, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah (Foto: Dok MI/Aswan)
Alun-alun Pancasila, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI -  Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahunnya pada 1 Juni, menjadi peringatan penting untuk menghormati dan mengenang Pancasila, yang merupakan dasar negara Republik Indonesia.

Peringatan ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk menghargai sejarah lahirnya Pancasila, tetapi juga untuk mengingatkan seluruh masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat merefleksikan semangat persatuan dan keadilan yang diamanatkan dalam Pancasila, serta menjaga agar nilai-nilai tersebut tetap hidup dalam setiap aspek kehidupan bangsa.

Dikutip Monitorindonesia.com, Sabtu (1/6/2024) dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Hal ini tertera dalam Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Tema ini memiliki maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dengan mengusung tema ini, diharapkan seluruh masyarakat dapat berkontribusi dan bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita tersebut, menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk memajukan Indonesia.