Asda II Buka Bimtek Kapasitas TKKSD 2024 Tingkat Kota Bekasi

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 31 Mei 2024 21:17 WIB
Bintek TKKSD Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)
Bintek TKKSD Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)

Kota Bekasi, MI - Mewakili Pj Wali Kota Bekasi, R . Gani Muhammad, Asisten Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat (Asisten II) Pemerintahan Kota Bekasi, H. Inayatulah membuka bimbingan teknis peningkatan kapasitas Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) tingkat Kota Bekasi, Kamis, (30/5/2024) di Ballroom Hotel Horison Ultima, Kota Bekasi. 

Bimbingan Teknis tersebut dihadiri Staf Ahli Wali Kota Bekasi Bidang Ekonomi, Pembangunan Dan Kemasyarakatan, Dr. Reny Hendrawati, Asisten Pemerintahan (Asisten I), Lintong Dianto Putra, Asisten Administrasi Umum dan Perekonomian (Asisten III) Kota Bekasi, Dwie Andyarini Dian Arga, dan para narasumber serta peserta bimtek TKKSD.

Bimtek tersebut terselenggara atas program Bagian Kerja Sama Setda Kota Bekasi, yang bertujuan meningkatkan kapasitas TKKSD untuk membangun kerja sama dalam negeri, pemetaan dan implementasi kerja sama luar negeri.

Kegiatan bintek tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2020 tentang Kerja sama daerah, Permendagri Nomor 22 Tahun 2020 tentang tata cara kerja sama daerah dengan daerah lain dan kerja sama daerah dengan pihak ketiga dan Permendagri Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Tata cara kerja sama daerah dengan pemerintah daerah di luar negeri dan kerja sama daerah dengan lembaga di luar negeri.

Dalam kesempatan itu, Asda II, H Inayatulah mengatakan, TKKSD Kota Bekasi telah meraih prestasi pada TKKSD Award yang penilaiannya dilakukan oleh TKKSD provinsi Jawa Barat, pada tahun 2022. Berdasarkan penilaian TKKSD Provinsi Jabar, Kota Bekasi meraih juara 3 pada kategori kota, dan pada tahun 2023 TKKSD Kota Bekasi kembali meraih juara pada kategori kota.

Diharapkan kata Inaystullah, dengan adanya prestasi tersebut dapat memberikan semangat kepada seluruh unsur di kota Bekasi untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja TKKSD, sehingga dengan adanya peningkatan kerja sama daerah dengan daerah lain, kerja sama daerah dengan pihak ketiga serta penjajakan kerja sama daerah dengan lembaga di luar negeri dapat meningkatkan potensi daerah dan pengembangkan perekonomian di kota Bekasi.

Lebih lanjut Inayatullah mengatakan, bimtek ini pun sebagai upaya meningkatkan kompetensi TKKSD dan perangkat daerah dalam menyelenggarakan kerja sama dalam negeri dan kerja sama luar negeri sehingga secara optimal dapat membantu kepala daerah dalam mempersiapkan dan merencanakan kerja sama daerah.

TKKSD Kota Bekasi telah dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor: 134.4/kep.88-ks/ii/2023 Tentang Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Kota Bekasi yang didalamnya menetapkan susunan TKKSD yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda sebagai Wakil Ketua dan Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bekasi Selaku Sekretaris TKKSD.

Inayatullah menyampaikan, semua unsur TKKSD di Kota Bekasi wajib membantu pelaksanaan pengoordinasian dan persiapan kerja sama daerah yang didalamnya termasuk kerja sama daerah dengan daerah lain, kerja sama daerah dengan pihak ketiga, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kerja sama daerah dengan pemerintah daerah di luar negeri (KSDPL) dan kerja sama daerah dengan lembaga di luar negeri (KSDLL).

Untuk diketahui, peserta bimtek diikuti sebanyak 120 orang, terdiri dari anggota tetap TKKSD, perwakilan perangkat daerah selaku anggota tidak tetap TKKSD, yang terdiri dari, sekretaris perangkat daerah, kasubbag perencanaan masing-masing OPD dan anggota tim percepatan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, berikut sekretariat kerja sama daerah. (Hms/ADV)