Sekeluarga Keracunan AC Mobil: Anak Kejang seperti Kesurupan, Lainnya Muntah-muntah

La Aswan
La Aswan
Diperbarui 2 April 2024 23:29 WIB
Ilustrasi - AC Mobil (Foto: MI/Net/Ist)
Ilustrasi - AC Mobil (Foto: MI/Net/Ist)

Jakarta, MI - Satu keluarga berjumlah 8 orang berasal Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, keracunan udara Air Conditioner (AC) mobil saat melaju di Tol Indralaya-Prabumulih pada Minggu 24 Maret 2024 lalu, tepatnya di ruas tol Indralaya-Prabumulih KM 33+000 B.

Satu orang anggota keluarga meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit (RS)  Ar-Royyan Indralaya. Menurut salah satu korban bernama Iis Nurhayati, saat di tengah jalan tol setelah dia mencium bau seperti petasan habis dibakar, tiba-tiba anaknya mengalami kejang seperti orang kesurupan. 

Disusul penumpang lain yang mengalami pusing dan muntah-muntah. Hal ini disebabkan terjadinya kebocoran pada sistem pembuangan gas. Gas buang ini masuk ke kabin. Gas karbon monoksida ini berbahaya jika terhirup saat mobil dalam kondisi berhenti atau berjalan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir, AKP Muhammad Ilham mengatakan, kasus keracunan AC mobil tersebut berawal saat satu keluarga yang terdiri dari delapan orang itu hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat.

Selama perjalanan, hal tak wajar terjadi saat mereka memasuki Tol Indralaya-Prabumulih, tepatnya di Kilometer 33 arah Indralaya dengan penumpang mencium bau tidak sedap di dalam mobil.

Rombongan pun tetap melanjutkan perjalanan, namun bau semakin menyengat hingga sopir akhirnya memutuskan untuk menghentikan kendaraan di bahu jalan.

Kemudian para penumpang yang diperiksa polisi mengaku tidak ingat apa-apa. Ketika sadar, dirinya sudah berada di rumah sakit. “Hasil penyelidikan awal diduga karena keracunan AC mobil,” kata Ilham dikutip pada Selasa (2/4/2024).

Berita Terkait