Ajang PPD Award, Pemkab Blitar Terima Penghargaan Perencanaan Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2024

La Aswan
La Aswan
Diperbarui 4 April 2024 00:43 WIB
Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyerahkan penghargaan kepada  Bupati Blitar Rini Syarifah (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Blitar)
Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyerahkan penghargaan kepada Bupati Blitar Rini Syarifah (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Blitar)

Blitar, MI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Bappedalitbang menerima penghargaan Peringkat Ketiga Perencanaan Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2024 Provinsi Jawa Timur.

ini merupakan yang perdana bagi Kabupaten Blitar sejak anugerah Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dilaksanakan.

Penganugerahan Perencanaan Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2024 ini diagendakan dalam Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2025 dan RPJPD Provinsi Jawa Timur 2025-2045. Bertempat di Hotel Shangri-La, Surabaya, pada Rabu (3/4/2024).

Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, ucapan syukur dan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap upaya Kabupaten Blitar dalam mewujudkan pembangunan daerah yang selaras, efektif dan efisien.

”Atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar kami bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan terhadap upaya Kabupaten Blitar dalam mewujudkan pembangunan daerah yang selaras, efektif dan efisien,” ujar Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar ini dalam keterangan tertulisnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar akrab disapa Mak Rini menambahkan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh unsur penyelenggara pemerintahan untuk menyusun perencanaan dengan baik dan melaksanakannya.

”Tentunya penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk melakukan perencanaan pembangunan yang berkualitas ini yaitu efektif, efisien, dapat dipertanggungjawabkan, dan membawa kemanfaatan serta kesejahteraan bagi masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Blitar, Rully Wahyu Prasetyowanto, mengucapkan terima kasih atas keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, baik unsur DPRD, perangkat daerah, kelompok masyarakat, akademisi.

Dan telah berperan sesuai tugas dan porsi masing-masing dalam penyusunan perencanaan tahun 2024.

Ia juga berharap ke depan, dengan sinergi yang semakin baik, kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Blitar dapat segera terwujud melalui perencanaan yang tepat dan berkualitas.

Sebagai informasi, Tahapan Penilaian PPD Kabupaten/Kota di Provinsi Tahun 2024 dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap penilaian, yaitu tahap I Penilaian Dokumen Perencanaan dan Inovasi dan tahap II Verifikasi dan Presentasi. 

Dalam tahap II penilaian, Bupati Blitar, Rini Syarifah memimpin langsung Tim Presenter Kabupaten Blitar, yang terdiri dari Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, serta Hendri Cristiawan selaku salah satu mentor Program UM Berdasi, pada 01 Februari 2024 di Bappeda Provinsi Jawa Timur.

Dari hasil penilaian tahap II berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/100/KPTS/013/2024 tentang Pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota Tahun 2024, ditetapkan Pemenang PPD Tahun 2024 dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik sebagai berikut: 

Kategori Kabupaten

1. Kabupaten Banyuwangi

2. Kabupaten Jember

3. Kabupaten Blitar

Kategori Kota

1. Kota Malang

2. Kota Mojokerto

3. Kota Surabaya. 

(JK/ADV/Bappeda)