Upacara HUT RI ke-79 di Jakarta dan IKN Digelar Hybrid

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana. (Foto: ANTARA)
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MI - Sekretariat Presiden (Setpres) memfasilitasi penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta dan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024), diadakan secara terpadu/terhubung (hybrid).

"Saat ini kami melakukan tes jaringan agar pada saat perpindahan gambar dan komunikasi dapat berjalan dengan baik," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Mekanisme penyelenggaraan rangkaian upacara HUT RI di Jakarta dan IKN, secara "hybrid" itu difasilitasi perangkat jaringan internet, yang akan menghubungkan visualisasi kegiatan secara langsung, melalui layar berukuran besar di masing-masing lokasi kegiatan.

"Iya, jadi kombinasi, di Jakarta bukan hanya menyaksikan, di Jakarta juga akan ada langsung pertunjukan kesenian. Jadi, lempar-lemparannya juga bagus," ujarnya.

Menurut Yusuf, skema "hybrid" (terpadu/terhubung) memungkinkan seluruh peserta kegiatan di Jakarta dan IKN, dapat menyaksikan secara langsung seluruh rangkaian kegiatan acara, yang diselenggarakan secara serentak itu.

"Misal kegiatannya di Jakarta, berarti yang di IKN menyaksikan pakai layar besar. Begitu juga sebaliknya, ketika kegiatan di Istana Negara IKN, yang hadir di Istana Merdeka akan melihat acara menggunakan layar," jelasnya.

Di tengah proses uji coba jaringan "hybrid" tersebut, Yusuf juga sedang menyusun daftar menteri kabinet yang akan hadir di dua lokasi acara, melalui pertimbangan teknis di IKN.

Yusuf mencontohkan, Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuldjono dan Menteri Perhubungan (Menhub) akan berada di IKN, sebab pertimbangan teknis perhelatan acara, seperti infrastruktur dan transportasi.

"Nanti pasti pembagian menteri ini akan kami atur dengan baik supaya berimbang antara yang hadir di IKN dengan yang hadir di Istana Merdeka Jakarta," tandasnya.