BSSN Selenggarakan NCE Seri ke-5 Tahun 2024 di Kota Bekasi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 10 Agustus 2024 15 jam yang lalu
Seragam Pemda, Robet TP Siagian Jabat Tangan dengan Petugas BSSN (Foto: Istimewa)
Seragam Pemda, Robet TP Siagian Jabat Tangan dengan Petugas BSSN (Foto: Istimewa)

Kota Bekasi, MI - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Direktorat Operasi Keamanan Siber dan Sandi, menyelenggarakan kegiatan Nasional Cyber Exercisr (NCE) seri ke-5 Kota Bekasi Tahun 2024 yang berlokasi di Ballroom Hotel Santika Premiere Harapan Indah, Kota Bekasi, Kamis pekan lalu. 

Robet TP Siagian selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi hadir dan turut menyampaikan sambutannya dalam kegiatan ini.

Hadir pula mendampingi Kadis Kominfostandi, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Inryd Arieswaty, Manggala Informatika Ahli Muda, Nindya Sari, dan Pranata Komputer Ahli Muda, Ali Nurcahya.

Dalam sambutannya, Kadis Kominfostandi, Robet TP Siagian mengatakan, kegiatan NCE ini merupakan Rencana Kerja Perioritas (RKP) dari BSSN.

Karena, keamanan cyber telah menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dan kolaborasi lintas sektoral untuk menangani ancaman serangan cyber.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas seluruh pemangku kepentingan dalam melakukan identifikasi, deteksi, proteksi, serta pencegahan dan pemulihan insiden atau ancaman cyber," kata Robet. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu, berlangsung secara hybrid dengan diikuti 500 peserta. Sementara menurut penyelenggara, yang mengikuti kegiatan secara Luring sebanyak 204 peserta, dan secara Daring sebanyak 296 peserta. Kegiatan ini merupakan seri ke-5 dari rangkaian seri-seri sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh BSSN secara nasional. (MA/Adv)