Buanglah Sampah pada Tempatnya Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri atau Orang Lain

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 10 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Petugas kebersihan Dinas LH Kota Bekasi sedang membersihkan sampah (Foto: Dinas LH Kota Bekasi)
Petugas kebersihan Dinas LH Kota Bekasi sedang membersihkan sampah (Foto: Dinas LH Kota Bekasi)

Kota Bekasi, MI - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Yudianto melakukan eksekusi pemantauan langsung di lokasi keberadaan gunung sampah TPS liar di Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi.

Memperhatikan tumpukan sampah liar yang sudah menggunung tersebut, Yudianto langsung memerintahkan jajarannya agar segera membersihkan dan dibuang ke TPS Bantar Gebang.

Yudianto mengimbau ke seluruh UPTD Sampah di Kota Bekasi supaya bergotong-royong atau bersama-sama membersihkan sampah liar tersebut dengan sesegera mungkin agar jangan sampai menularkan penyakit kepada warga masyarakat sekitar.

Yudianto juga mengajak peran serta masyarakat untuk berpartisipasi menjaga lingkungan. Bagi warga jangan membuang sampah sembarangan, khususnya di lokasi itu lagi, maupun di lahan kosong karena pasti mengganggu masyarakat.

"Buanglah sampah pada tempatnya agar terhindar dari pencemaran lingkungan, dan penularan penyakit," pesan Yudianto.
       
Tempat terpisah, kegiatan rutin pengangkutan sampah liar seperti di Jalan Senopati, Kaliabang Tengah terus dilakukan tim UPTD Kebersihan Wilayah Bekasi Utara. Kegiatan bersih-bersih dan menyapu jalan tampak dilakukan petugas kebersihan, Kamis (9/8/2024).

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Pelayanan, DPMPTSP Kota Bekasi Adakan Forum Konsultasi Publik

Petugas kebersihan tampak dengan sabar memungut sampah liar dibahu jalan pinggir saluran air yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung-jawab. Sampah-sampah tersebut dimasukkan ke mobil pickup untuk diantar dan dibuang ke TPS Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Di berbagai kesempatan, Yudianto diketahui tak henti-henti mengimbau masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan. Karena selain merusak pemandangan, juga berdampak terhadap kesehatan akibat aroma busuk hingga mengganggu saluran pernapasan.

"Kasihan jika karena ulah kita membuang sampah sembarangan, berdampak terhadap orang lain," tegasnya. (MA/Adv)