KPU RI Putuskan Moderator Debat Usai Rapat Koordinasi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 4 Desember 2023 20:45 WIB
Anggota KPU RI, Idham Kholik (Foto: Antara)
Anggota KPU RI, Idham Kholik (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Kholik mengatakan bahwa pihaknya akan memutuskan moderator debat setelah rapat koordinasi dengan tiga tim kampanye pasangan capres-cawapres.

Menurut Idham, rapat koordinasi diperlukan untuk mendengarkan masukan dan tanggapan dari para tim kampanye, termasuk mengenai moderator debat.

"Dalam pedoman teknis yang diterbitkan oleh KPU, berkenaan dengan moderator, KPU wajib menerima masukan dan tanggapan dari tim kampanye. Itulah pentingnya KPU mengadakan rapat koordinasi," kata Idham di Kantor KPU, Jakarta, Senin (4/12).

Walaupun demikian, Idham belum menjelaskan secara rinci mengenai kapan pelaksanaan rapat koordinasi dan pengumuman moderator debat tersebut.

"Jika semuanya sudah siap, KPU sudah pasti akan mengkomunikasikan ini kepada publik," katanya.

Idham juga menjelaskan bahwa kriteria utama moderator adalah yang memiliki kemampuan berbicara di depan publik yang persuasif dan atraktif.

"Yang jelas debat harus berkualitas dan menarik, itu kriteria utama. Dan kira-kira agar itu menarik dan berkualitas, prasyarat utamanya apa? Dia memiliki kemampuan public speaking yang persuasif dan atraktif," ujarnya.

Adapun Idham mengatakan bahwa KPU RI akan mengadakan kembali rapat koordinasi dengan seluruh tim kampanye pasangan capres-cawapres untuk membahas mekanisme pelaksanaan debat.

"KPU sudah merencanakan bahwa KPU akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan seluruh tim kampanye terlepas adanya pemberitaan yang begitu masif terkait dengan debat ini," kata Idham.

Idham menjelaskan bahwa KPU akan menjelaskan seluruh mekanisme pelaksanaan debat dalam rapat tersebut. Sementara itu, lanjut dia, KPU mempersilakan tim kampanye untuk memberikan masukan dan tanggapan.

"Tetapi nanti keputusannya akan diambil oleh KPU secara mandiri. Jika keputusan sudah diambil maka hal tersebut langsung dikomunikasikan kepada publik," katanya. 

Topik:

kpu debat