Gerindra: Kita Gak Bisa Paksakan Ridwan Kamil untuk Maju Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 Juni 2024 16:30 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) tak akan memaksakan Ridwan Kamil untuk diusung sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta di Pilkada serentak 2024.

"Ridwan Kamil juga kita enggak bisa paksakan (maju Pilkada Jakarta) karena partai Gerindra enggak cukup (perolehan kursi di Jakarta)," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Kata dia, saat ini parpol-parpol yang tergabung di KIM tak akan fokus kepada satu nama saja untuk Pilgub Jakarta. 

Menurutnya, KIM siap mencari sosok lain atau tokoh yang berpotensi untuk memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

"Kita enggak bicara nama salah satu, pokoknya kita cari yang terbaik," ujarnya. 

Sebab itu, Gerindra kata Habiburokhman, terbuka untuk melakukan komunikasi dengan partai politik yang ada di dalam maupun yang di luar KIM.

"Jadi harus dijajaki dengan baik dengan rekan-rekan koalisi yang lain," jelasnya. 

Diketahui, Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan salah satu parpol yang tergabung dalam KIM berharap agar nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Zita Anjani diusung oleh KIM sebagai bakal calon pasangan cagub-cawagub di Pilkada Jakarta. 

"Lebih bagus lagi tuh, mbak Zita Anjani dengan Kaesang. Kaesang sebagai gubernurnya, mbak Zita sebagai wakil gubernurnya, sama-sama muda, saling melengkapi, jadi buat saya menarik," kata Ketua DPW PAN Jakarta Eko Patrio di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/6/2024).