Ali Sangaji Janji Dorong Percepatan Pembangunan Gereja di Morotai Tahun Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Mei 2024 12:08 WIB
Anggota DPRD Malut fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ali Sangaji , menggelar kegiatan Reses di Desa Samiyamau Kecamatan Pulau Rao Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Ist)
Anggota DPRD Malut fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ali Sangaji , menggelar kegiatan Reses di Desa Samiyamau Kecamatan Pulau Rao Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Ist)

Sofifi, MI - Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) fraksi partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ali Sangaji, berjanji akan memperjuangkan anggaran hibah pembangunan gedung Gereja Desa Samiyamau, Kecamatan Pulau Rao, Kabupaten Pulau Morotai, di APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2024.

“Nanti saya coba memberikan bantuan dana hibah di perubahan anggaran tahun ini. Saya akan kasih masuk Rp 500 Juta,” kata Ali, dihadapan masyarakat Desa  Samiyamau, baru-baru ini saat melakukan kegiatan reses di Desa tersebut.

Menurut dia, kalau proposal dana hibah pembangunan Gereja ini ketika sudah masuk di APBD 2024, diharapkan agar Panitia Pembangunan Gereja harus serius mengawal proses pencairan. Sehingga, progres kegiatan pembangunan Gereja ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kalau dana hibah sampai pada 31 Desember 2024 itu belum cair, berarti dia hangus, itu berarti akan muncul usulan ulang. Dana hibah resikonya begitu, kalau misalnya kita bantu Rp 500 Juta, yah Rp 500 Juta itu ful masuk kesini,” ujarnya.

Dia juga mengakui, sebelumnya dia pernah memberikan bantuan secara pribadi berupa bantuan semen. Tetapi menurut dia, bagaimana agar pembangunan Gereja ini terlaksana secepat mungkin. Maka, pihaknya akan mendorong anggaran tersebut ke APBD Perubahan tahun ini.

“Ini saya lagi-lagi merasa bersalah, karena memberikan bantuan tetapi hanya semen saja. Itu sifatnya bantuan pribadi, tapi sekarang bagaimana caranya agar nilainya lebih besar. untuk tahun ini, maka ada celah di perubahan anggaran tahun ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Soleman salah satu warga di Desa tersebut menyampaikan bahwa dipundak Ali Sangajilah, mereka menitipkan amanah tersebut, agar proses pembangungan Gereja ini bisa terlaksana, sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kami mengusulkan terkait dengan pembangunan Rumah Ibadah ini, kami berharap kepada Bapak Ali Sangaji agar bisa kawal,” harap Soleman. (RD)