Pabrikan MotoGP Sepakat Pangkas Mesin Menjadi 850 Cc

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 4 November 2023 16:50 WIB
MotoGP akan beralih ke mesin 850 cc pada musim 2027 mendatang (Foto : Situs MotoGP)
MotoGP akan beralih ke mesin 850 cc pada musim 2027 mendatang (Foto : Situs MotoGP)

Jakarta, MI - Untuk musim 2027 mendatang, aturan mesin motor baru hampir pasti akan diterapkan di kejuaraan dunia MotoGP. Dilaporkan bahwa semua pabrikan telah mencapai kesepakatan untuk mengurangi kapasitas mesin motor MotoGP dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

Sebagaimana yang digosipkan sejak beberapa bulan belakangan, pengurangan cc mesin motor MotoGP ini demi menciptakan kompetisi yang lebih aman bagi para pembalap. Motor MotoGP sekarang sudah dianggap terlalu kencang dan berbahaya.

"Kami sepakat dengan pengurangan menjadi 850 cc. Kami pikir itu adalah pengurangan yang masuk akal," kata bos KTM Motorsports, Pit Beirer, sebagaimana dilansir Speedweek (3/11).

"Karena jika mengurangi 150 cc, torsi dan power akan dikurangi dari kelas ini. Kita bisa mengembangkan regulasi MotoGP yang bagus dengan mesin 850 cc ini. Dan sekarang mayoritas sudah stabil dengan usulan 850 cc," lanjutnya.

Selain itu, menurut Pit mesin 850 cc ini tentunya diharapkan akan mengusung teknologi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Regulasi saat ini akan berlangsung selama lima tahun, mulai 2027 hingga 2031, sebelum diganti dengan regulasi baru yang mungkin lebih baik. Selain itu, MotoGP masih perlu menyelesaikan peraturan aerodinamika untuk mengatasi masalah dirty air yang dihadapi semua pembalap saat ini.(Ran)