SMK Sumbangsih Jakarta Sukses Gelar P5

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 25 Oktober 2023 12:26 WIB
Kepala Sekolah SMK Sumbangsih Akhmad Nidom [Foto: MI/Gatot]
Kepala Sekolah SMK Sumbangsih Akhmad Nidom [Foto: MI/Gatot]

Jakarta, MI - SMK Sumbangsih Jakarta mengadakan gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), di bangsal dan lorong SMK Sumbangsih, Jalan Ampera Raya no 3-4, Jakarta Selatan, Rabu (25/10). 

Para siswa khususnya kelas X dan XI semua jurusan, tampil bersama dalam ivent P5 yang dikolaborasikan dengan acara bulan bahasa (bulan Oktober adalah bulan bahasa). 

Acara sangat ramai dengan antusias para siswa juga kehadiran para orang tua murid, untuk menyaksikan pentas seni juga meramaikan ikut "jajan" dari stand para siswa yang menjajakan makanan karya mereka, dengan menu kuliner Nusantara.

Kepala Sekolah SMK Sumbangsih Akhmad Nidom mengatakan, acara ini dapat menginspirasi para siswa ke depannya, dengan menunjukkan hasil karya kepada masyarakat. 

"Dalam acara-acara seperti ini bisa menginspirasi para siswa ke depannya, juga bisa menunjukkan hasil karyanya kepada orang lain," kata Akhmad Nidon dalam sambutannya, Rabu (25/10). 

Salah satu anggota pengurus Yayasan Sumbangsih yang hadir, Sugeng Indradi, mengatakan, " Dalam bulan bahasa ini, bahasa kita punya ciri khas dan karakter tersendiri, jangan dirusak dan dicampuradukkan dengan bahasa asing lainnya," ujarnya.

Adityo Fajar, sebagai salah satu "kaprog"/Ketua atau Kepala Program Desain Komunikasi Visual juga berpendapat bahwa, dengan adanya iven ini, menumbuhkan kreativitas pada siswa, membangun jiwa untuk bersosialisasi dan belajar bekerjasama dalam kinerja tim.  

Asyha, salah satu siswi kelas XI jurusan DKV, mengatakan bahwa "Acara ini sangat berkesan, pada siswa antusias semangat dan bisa sebagai pembelajaran bersosialisasi dengan kawan mau pun dengan orang lain. Selain itu para siswa juga tidak bosan karena belajar di kelas melulu," ujar Asyha.

Priskila, siswi kelas X juga mengatakan "Acara seperti ini bisa menambah pengalaman, berekspresi seni, juga belajar usaha mencari cuan," imbuhnya.

Adit, sebagai guru dan salah satu  panitia acara memberi keterangan kemanfaatan pada acara ini yaitu " Anak -anak bisa tahu seni budaya Indonesia, menu kuliner Nusantara dan berkarya inovatif," tandas Adit.

Selain stand, ada juga berbagai menu makanan kuliner Nusantara, dan pentas seni di panggung, seperti, baca puisi, tarian, pidato bahasa inggris dan lain lain. 

Acara ini dihadiri hampir semua civitas SMK Sumbangsih dan orang tua siswa. (Gatot Eko Cahyono)