Jokowi Respons Soal Dinasti Politik, Pasca Gibran Diusung Jadi Cawapres Prabowo

Akbar Budi Prasetia
Akbar Budi Prasetia
Diperbarui 24 Oktober 2023 14:07 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers pada Jumat (20/10/2023). (Foto: BPMI Setpres/MI)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers pada Jumat (20/10/2023). (Foto: BPMI Setpres/MI)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons soal isu dinasti politik yang mengarah kepadanya, setelah putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka diusung sebagai cawapres dari Prabowo Subianto.

"Ya itu kan masyarakat yang menilai," kata Jokowi usai menghadiri acara BNI Investor's Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10).

Dalam Pemilu, kata Jokowi, pemilihan kepala daerah, baik walikota, bupati, gubernur hingga presiden, kedaulatan berada di tangan rakyat, bukan para elite politik.

"Itu semuanya yang memilih itu rakyat, yang menentukan itu rakyat, yang mencoblos itu juga rakyat. Bukan kita, bukan elite, bukan partai, itulah demokrasi," ujar Jokowi. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mengatakan jika dinasti yang ditujukan untuk berbuat baik kepada negara dan kepentingan rakyat, maka tidak ada salahnya, justru itu menjadi hal positif. 

"Kalau dinastinya Pak Jokowi ini berbakti untuk rakyat, kenapa? Salahnya apa? Jadi berpikir yang baiklah. Berpikir positif, ya. Oke," kata Prabowo di Jakarta, Senin (23/10). (DI)