Mata Uang Asia Termasuk Rupiah Ditutup Melemah

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 22 November 2023 21:18 WIB
Mata Uang Yuan China (Foto: Reuters)
Mata Uang Yuan China (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - Mayoritas mata uang Asia ditutup melemah. Sementara itu indeks dolar terpantau menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (22/11).

 Mata uang rupiah ditutup melemah Rp15.575 di hadapan dolar AS,  Yen Jepang turun 0,55%, dolar Hong Kong melemah 0,01%, dolar Singapura melemah 0,21%, dolar Taiwan melemah 0,91%.

Kemudian won Korea turun 0,88%, peso Filipina melemah 0,22%, yuan China melemah 0,12%, ringgit Malaysia melemah 0,63%, dan bath Thailand melemah 0,09%. hanya rupee India yang berhasil menguat sebesar 0,04%.

Investor juga sangat berhati-hati dengan pengumuman ekonomi yang akan datang. Mereka menunggu pernyataan musim gugur dari Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt di House of Commons, yang dapat memberikan arahan lebih lanjut untuk pasar mata uang. 

Pada sidang Treasury Select Committee pada hari Selasa, gubernur Bank of England Andrew Bailey menekankan bahwa suku bunga tinggi yang berkelanjutan diperlukan untuk menangani kekhawatiran inflasi yang terus berlanjut. Beberapa investor mengantisipasi pelonggaran kebijakan moneter lebih awal.

Sebelumnya, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Abdurohman mengatakan pemerintah sedang mewaspadai perekonomian China. Kondisi perekonomian China saat ini tengah mengalami perlambatan.

China merupakan salah satu negara yang punya hubungan kuat dengan Indonesia sebagai mitra dagang. "Ini juga diperkirakan akan mengalami perlambatan dan ini perlu kita waspadai karena 20 persen ekspor kita ke China," kata Abdurohman dalam seminar Indonesia Economic Outlook 2024 di Jakarta, Selasa (21/11).

Dia menjelaskan bahwa melemahnya sektor properti dan penurunan investasi asing langsung (FDI) berdampak pada perlambatan perekonomian China yang terus-menerus. Kedua sektor ini merupakan kekuatan utama ekonomi China, dan pelemahan keduanya berpengaruh amat signifikan.(Ran)