KPK Geledah Rumah Mantan Pejabat Kementan, Kasus Apa?

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 19 Mei 2024 22:01 WIB
KPK RI (Foto: Dok MI/Aswan)
KPK RI (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menggeledah sebuah rumah di daerah Parepare, Sulawesi Selatan.

Rumah yang digeledah milik Muhammad Hatta selaku Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) nonaktif.

"Betul ada kegiatan penggeledahan dimaksud dan masih berlangsung," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).

Penggeledahan dilakukan hari ini. Lokasi penggeledahan berada di Jalan Bumi Harapan, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Ali mengatakan penggeledahan di rumah M Hatta terkait penyidikan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"(Lokasi) penggeledahan rumah MH," ujar Ali.

KPK sebelumnya juga telah menggeledah rumah adik SYL di Makassar. KPK menyita dokumen hingga barang elektronik terkait kasus yang menjerat SYL.

"Tim Penyidik kemarin telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan sekaligus penyitaan di salah satu rumah kediaman yang beralamat di Jalan Letjen Hertasning," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5).

"Diperoleh antara lain berupa dokumen dan barang elektronik yang dapat mengungkap perbuatan dari tersangka SYL," tambahnya.

Sebagai informasi, SYL dijerat sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi bersama Sekjen Kementan nonaktif Kasdi Subagyono dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Selain itu, SYL dijerat sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang.

SYL, Kasdi, dan Hatta telah diadili dalam kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi. Mereka didakwa dalam berkas terpisah.

Dalam dakwaan jaksa, SYL didakwa melakukan pemerasan terhadap anak buahnya di Kementan dan menerima gratifikasi.

Total penerimaan SYL dari kasus ini Rp 44,5 miliar. Sementara kasus TPPU-nya masih dalam penyidikan di KPK.

Topik:

KPK Kementan SYL