Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Pontianak, Gibran Adat Papua

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka [Foto: Repro]
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka tiba di Istana Merdeka Jakarta, dengan mengenakan pakaian adat Papua. Dia akan mendampingi Wapres KH Ma'ruf Amin melaksanakan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024). 

Gibran tiba di lokasi upacara sekitar pukul 09.09 WIB dengan buggy car. Dia datang bersama istrinya Selvi Ananda dan dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Gibran menganggukkan kepala dari ke Bawah, saat ditanya soal baju adat Papua yang dikenakannya hari ini. Gibran dan Jan Ethes nampak sama-sama membawa tongkat.

Sementara Ma’ruf tiba sekitar pukul 09.20 WIB mengenakan pakaian adat melayu Pontianak. 

Setelah turun dari buggy car, Mantan Wali Kota Solo itu sempat melambaikan tangan kepada awak media. Setelah itu Gibran dan keluarga berjalan menuju ruang VVIP.

Sebagai informasi, upacara kali ini terasa lebih istimewa dengan mengangkat tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, upacara penaikan dan penurunan bendera diselenggarakan secara serentak di dua kota, yaitu Jakarta dan IKN dengan waktu pelaksanaan mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB).  

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan secara langsung di Nusantara. Sementara, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dan Ibu Selvi Ananda mengikuti upacara dari Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Adapun makna dari pelaksanaan upacara di dua kota ini adalah, menunjukkan transisi perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara, dan juga transisi keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru.