Debat Capres Pertama Bakal Disuguhkan 18 Pertanyaan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 Desember 2023 19:10 WIB
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat Menggelar Konferensi Pers Debat Capres-Cawapres (Foto: Dhanis/MI)
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat Menggelar Konferensi Pers Debat Capres-Cawapres (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Debat pertama calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada, Selasa, pukul 19.00 Wib (12/12) di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. 

Adapun tema debat pertama (capres) yang diangkat adalah Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, mengatakan untuk debat pertama hanya dilakukan oleh capres dari masing-masing pasangan. Sementara cawapres dapat menyaksikan dari tempat yang telah disediakan oleh KPU. 

"Yang pertama soal siapa yang tampil ya, saya tegaskan lagi tampil ini itu siapa yang berdebat ya. Untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," katanya kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (11/12).

Hasyim menjelaskan, pada saat debat capres besok terdapat 6 segmen dengan total 18 pertanyaan dari panelis yang masing-masing segmen dibagi menjadi 3 pertanyaan. 

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada 6 segment, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing masing segmen. Satu segmen ada tiga pertanyaan," paparnya. 

Sebelum memulai debat kata Hasyim, peserta debat nantinya akan mengambil terlebih dahulu secara acak pertanyaan yang telah disediakan dan selanjutnya akan disampaikan oleh moderator. 

"Pada dasarnya, akan menyampaikan visi-misi program sesuai dengan tema terlebih dahulu dalam durasi yang ditentukan. Dan kesempatan berikutnya, pendalaman dengan cara mengambil daftar pertanyaan secara acak," ujarnya 

"Segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima, semuanya modalnya interaksi antar calon dengan pertanyaan yang diajukan atau disiapkan oleh panelis," lanjut Hasyim. 

Selanjutnya pada sesi paling akhir atau sesi keenam adalah pernyataan penutup atau closing statement dari peserta debat capres. (DI)