Jebol Pagar Beton, Si Jago Merah Berhasil Dipadamkan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 13 Agustus 2024 13 jam yang lalu
Petugas damkar bersiaga untuk memadamkan api di pemukiman padat penduduk Jalan Remaja, Manggarai. (Foto: Antara)
Petugas damkar bersiaga untuk memadamkan api di pemukiman padat penduduk Jalan Remaja, Manggarai. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kebakaran yang melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Remaja, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan berhasil dikendalikan setelah petugas pemadam kebakaran (damkar) menjebol pagar pembatas komplek pertokoan.

"Pagar beton dijebol sejumlah sisi sehingga petugas leluasa melakukan penyiraman dan pagi ini sekitar pukul 07.15 WIB api berhasil dikendalikan, sekarang tinggal pendinginan," ujar Kapolsek Tebet Kompol Murodih saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (13/8/2024).

Foto Petugas Kebakaran
Petugas Damkar masuk kelubang  yang di bobol  hendak padamkan api yang membakar pemukiman padat penduduk di Manggarai

Menurut dia, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran karena masih akan dilakukan pemeriksaan. Namun dugaan sementara kebakaran diakibatkan hubungan arus pendek listrik. Untuk wilayah yang terbakar setidaknya terjadi di dua RT yakni RW06 dan RW12.

Kepolisian saat ini masih melakukan pendataan jumlah rumah yang terbakar dan jumlah korban yang terdampak bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. "Informasi yang dihimpun tidak ada korban jiwa. Sedangkan korban luka dan trauma sedang mendapatkan penanganan medis," paparnya.

Berdasarkan diskusi dengan pihak kelurahan Manggarai dan BPBD Jakarta, pagi ini akan didirikan tenda darurat untuk menampung sementara para warga yang terdampak. Tenda darurat tersebut di antaranya akan didirikan di dalam komplek pertokoan Infinia yang berada tepat di belakang pemukiman.

Sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran DKI melaporkan proses pemadaman kebakaran dimulai pukul 02.44 WIB. Sebanyak 34 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Masing-masing 31 unit dari Suku Dinas Jakarta Selatan dan tiga unit dari Suku Dinas Jakarta Timur, dengan jumlah personel sebanyak 120 orang. Saat ini setidaknya ada lebih 10 mobil pemadam yang masih bersiaga di lokasi untuk melakukan lokalisir dan memastikan api benar-benar padam.

BACA JUGA: Kronologi Kebakaran Rumah di Jakarta Utara