Komisi VI Minta Perum Damri Lakukan Tes Urine kepada Para Sopir Selama Momentum Mudik Lebaran 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 April 2024 13:39 WIB
Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI dengan BUMN jasa logistik terkait kesiapan menghadapi mudik hari raya Idul Fitri 2024 (Foto: MI/Dhanis)
Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI dengan BUMN jasa logistik terkait kesiapan menghadapi mudik hari raya Idul Fitri 2024 (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, M Husni mengapresiasi kesiapan dan kesigapan dari PT Perum Damri dalam menyambut arus mudik dan arus balik pada momentum Idul Fitri 2024.

Meski mengapresiasi kesiapan PT Perum Damri terkait kenyamanan dan keamanan selama momentum labaran. Husni menyoroti satu hal yang dilupakan oleh Damri dalam mengantisipasi keselamatan penumpang. 

Hal itu disampaikan Husni dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI dengan BUMN jasa logistik terkait kesiapan menghadapi mudik hari raya Idul Fitri 2024 di Kompleks Parlemen, Senaya, Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

"Ada satu hal yang lebih penting Ibu Direktur, tapi di sini sama sekali Ibu tidak masukkan, Ibu tidak masukkan untuk masalah keamanan kenyamanan dari kegiatan perjalanan mudik," kata Husni dalam RDP tersebut kepada Direktur PT Perum Damri Setia Milatia Moemin. 

Menurutnya dari semua pemaparan yang disampaikan, Direktur Perum Damri melupakan masalah faktor manusia. Di mana faktor manusia menjadi faktor paling dominan penyebab terjadinya kecelakaan. 

"Ini selalu yang terjadi kecelakaan dan lain sebagainya, faktor yang paling dominan adalah faktor manusia ya ini faktor manusia," katanya. 

Apalagi kata Husni, dirinya kerap menemukan beberapa kasus kecelakaan yang melibatkan Damri dan di mana banyak sopir-sopir Damri tersebut pengguna narkoba ketika dilakukan tes urine. 

"Saya di sini tidak ada melihat sama sekali bahwa sopir-sopir nih Ibu lakukan tes urine ya, tidak ada sama sekali. Dan mohon maaf bu, saya selalu menemukan setiap ada kecelakaan aksi dan lain sebagainya begitu diperiksa rupanya mereka adalah salah umumnya banyak pengguna pengguna narkoba," ungkapnya. 

Untuk itu, ia meminta agar perbaikan tersebut segera dilakukan oleh Perum Damri mengingat masih ada waktu sebelum arus mudik sampai pada puncaknya. 

"Ya jadi tolong Ibu, ini masih ada waktu masih ada waktu untuk dilaksanakan perbaikan-perbaikan tersebut," tukasnya. (DI)