Mantap! Sahabat Bang Ara Mulai Gelar Makan Siang Gratis untuk 1.000 Warga Toraja

La Aswan
La Aswan
Diperbarui 24 Februari 2024 17:28 WIB
Sahabat Bang Ara membagikan susu untuk sekitar 100 ibu hamil di Toraja (Foto: Dok MI)
Sahabat Bang Ara membagikan susu untuk sekitar 100 ibu hamil di Toraja (Foto: Dok MI)

Toraja, MI - Sahabat Maruarar Sirait (Bang Ara) untuk pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 02 menggelar acara Ucap rasa Syukur Pemilu Berjalan Aman, Damai dan Lancar. Acara itu dilakukan dibarengi "Makan Siang Bersama Sahabat Bang Ara dan Alan Singkali" di Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (24/2).

"Jadi acara yang kita lakukan hari ini sebagai ucapan syukur atas penyelenggaraan pemilu yang sudah berjalan aman, lancar dan damai," kata Alan Christian Singkali yang juga Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dikauinya, bahwa sebelumnya Sahabat Bang Ara menargetkan suara Prabowo-Gibran di Toraja sebanyak 70 persen. Ini juga telah dilakukan dengan adanya Deklarasi Sahabat Bang Ara sebelum hari pencoblosan di Toraja.

Hasilnya, melebihi 3/4 dari jumlah pemilih di daerah bagian Provinsi Sulawesi Selatan tersebut. Menurut Alan kemenangan telak Prabowo-Gibran di Toraja  tidak terlepas dari kerja tim relawan yang tidak kenal lelah dalam mengkampanyekan pasangan Prabowo-Gibran. 

Bahkan, kata dia, Prabowo juga pernah diberikan gelar adat Taruk Langi dari Tongkonan Siguntu Toraja Utara, dan Gibran diberikan gelar adat Laso Pindan dari Tongkonan Lallangan Tana Toraja.

Di sisi lain, menurut Alan, kemenangan Prabowo-Gibran di Toraja juga tidak terlepas dari dukungan Presiden Joko Widodo terhadap masyarakat Toraja, yang ditunjukkan dalam kebijakan pembangunan di tingkat lokal.

Karena itu, dia berharap kemenangan Prabowo-Gibran dapat meyakinkan masyarakat Toraja tentang keberlanjutan visi pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi, yang menurutnya selama dua periode memimpin pro terhadap pengembangan masyarakat di daerah-daerah.

"Pak Prabowo mengetahui dan paham apa yang akan dilakukannya kedepannya bersama Gibran Rakabuming Raka. Bahwa segala sesuatu yang sudah dilakukan bapak Presiden Jokowi, pembangunan yang terstruktur yang tentunya akan dilanjutkan". Tambahnya.

"Prabowo Gibran memastikan dan melanjutkan pembangunan-pembagunan yang telah berjalan akan berlanjut, pembangunan jalan-jalan, di desa-desa dan lainnya," timpal Alan.

Adapun progres real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk hasil Pilpres 2024 sudah mencapai 75% sampai Kamis (22/2/2024) pukul 23.00 WIB.

Hingga saat ini, Prabowo-Gibran, masih unggul dengan perolehan 58,89% atau 65.049.492 suara. Meski unggul, Alan menyatakan pihaknya tidak ingin mendahului sebelum diputuskan KPU itu sendiri.

"Walupun hasil quick count dan real count Prabowo-Gibran menang, tapi kita tidak ingin mendahului. Namun kami tetap optimis Prabowo Gibran menang mutlak di Toraja karena juga basis suara Jokowi pada Pemilu sebelumnya dan kami pastikan agenda-agenda berikut tetap berjalan," tukasnya.

Selain doa bersama yang dihadiri ribuan masyarakat Toraja, Sahabat bang Ara juga membagikan susu untuk sekitar 100 ibu hamil dalam kegiatan itu. Diharapkan, pembagian makanan tambahan untuk ibu hamil tersebut membuat anak-anak Indonesia terbebas dari stunting sebagaimana program andalan Prabowo-Gibran.

Sebagaimana diketahui, bahwa KPU masih akan melakukan rekapitulasi suara paling lambat sampai 20 Maret 2024. Meski demikian, hasil real count sementara KPU ini tak terpaut jauh dengan hasil hitung cepat alias quick count Pilpres 2024 dari berbagai lembaga survei.

Prabowo-Gibran tercatat unggul telak dengan perolehan suara di atas 50% menurut hasil quick count Litbang Kompas, Charta Politika, Indikator Politik, Poltracking, Populi Center, dan CSIS-Cyrus Network.