Jumat Pagi, Udara Jakarta Terburuk Ketiga di Dunia

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Juli 2024 11 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: Doc. MI]
Ilustrasi [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Kualitas udara di Jakarta pada Jumat (26/7/2024) pagi masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif, selain itu Jakarta menduduki peringkat ketiga sebagai kota dengan udara terburuk di dunia.

Menurut situs pemantau kualitas udara IQ Air, kualitas udara di DKI Jakarta masuk kategori tidak sehat, dengan angka 157 mengacu kepada penilaian PM2,5 dengan nilai konsentrasi 63 mikrogram per meter kubik.

Adapun kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif, yakni kualitas udara yang bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan, yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Situs itu juga menganjurkan masyarakat Jakarta, agar menghindari aktivitas di luar ruangan dan jika berada di luar ruangan gunakanlah masker, kemudian menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor.

Lebih lanjut dari data yang sama, kota dengan kualitas udara terburuk di dunia urutan pertama yaitu Medan (Indonesia) di angka 161, urutan kedua Kinshasa (Kongo) yaitu 158.